10 October 2016

by Bambang Winarso

Cara Membuat "Shop Section", Fitur Baru Facebook untuk Promosikan Produk UKM

Fitur shop section ini bisa menjadi alternatif yang sangat terjangkau bagi para UKM yang ingin punya toko yang terlihat profesional

Beberapa saat yang lalu, Facebook Indonesia telah mengumumkan hadirnya fitur baru yang dinamakan dengan "Shop Section", sebuah alat bantu baru bagi para UKM untuk menampilkan produknya ke para fans. Dari sana kemudian pembeli dan pemilik produk dapat salin berinteraksi dan melakukan transaksi.

Nah, di kesempatan ini Dailysocial ingin memberikan petunjuk lengkap bagaimana sih cara menggunakan fitur baru yang diberikan secara cuma-cuma oleh Facebook ini.

  • Buka fan page Facebook yang Anda kelola, kemudian perhatikan di sidebar sebelah kiri dan coba temukan menu Add Shop Section seperti yang ditandai di gambar ini.

  • Jika muncul notifikasi seperti ini, kembali klik Add Shop Section.

  • Berikutnya, atur dahulu mata uang yang Anda gunakan. Jika sudah, klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

  • Sampai di sini shop section Anda sudah jadi, tapi belum bisa dipakai karena Anda butuh produk untuk ditampilkan. Langsung saja, klik Add Products.

  • Di jendela berikutnya ini Anda dapat menambahkan nama dan deskripsi produk, foto dan video, harga dan sebagainya. Silahkan diisi dengan lengkap dan jelas. Jika sudah, tinggal klik tombol Save.

  • Yap, produk pertama Anda sudah berhasil ditambahkan. Anda tinggal menunggu notifikasi bahwa produk sudah tayang.

  • Di dalam shop section, Anda tidak hanya dapat menjumpai barisan produk yang Anda jual. Tapi juga dapat melakukan beberapa hal lain, seperti menyalin tautan dan menghapus toko. Caranya dengan mengklik tombol berikon gear tepat di sebelah tombol Share Shop.

Selanjutnya Anda tinggal mengulangi langkah penambahan produk di atas untuk produk-produk lainnya. Saya pribadi merasa cukup optimis fitur ini akan disambut gembira oleh para UKM yang ingin membawa bisnis ke level yang lebih luas. Dengan shop section, kini mereka dapat memangkas biaya pembelian toko online atau perawatan (perpanjangan domain dan hosting) jika sudah pernah punya.