22 February 2017

by Bambang Winarso

Cara Membuat Situs Forum dengan Script Gratis

Bermimpi punya situs setenar KasKus atau forum TDA? Bisa, tutorial ini akan jadi batu lompatan pertama

Selain situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, ada satu lagi platform di mana pengguna internet kerap bercengkrama membicarakan suatu topik tertentu mulai dari hal sepele seputar minyak rambut sampai topik-topik berat soal politik, hukum, bisnis, hobi dan juga jual beli. Jika Anda pernah berkunjung ke Kaskus atau TDA, Anda pasti paham platform apa yang saya maksudkan. Yap, sejalan dengan perkembangan jejaring sosial, forum menjadi salah satu tempat yang tak pernah ditinggalkan.

Pasar inilah yang masih menyimpan berpotensi besar untuk digarap. Meskipun barangkali Anda punya pertimbangan untuk membidik relung yang lebih sempit, misalnya membuat forum yang tertuju untuk penggemar film saja. Menjadikan KasKus sebagai panutan bukanlah ide yang buruk. Setidaknya dari sana Anda bisa "mencuri" ide dan menemukan celah yang mereka abaikan.

Anggaplah Anda sudah punya ide, sekarang tinggal bagaimana cara membuat situs forum Anda.

Tak perlu gusar, karena membuat situs forum tak sesulit yang dibayangkan. Yang sulit itu membangun dan membuatnya populer.

Persiapan

  • Siapkan domain dan hosting untuk forum Anda. Saya asumsikan Anda paham bagaimana cara mengatur nameserver yang mengarah ke hosting, akan lebih mudah jika Anda membeli domain dan hosting di satu tempat. Tapi jika belum, silahkan baca tutorial ini sebagai panduan. Pelajari juga apa itu domain di sini.

Langkah Pembuatan Situs Forum

  • Login ke Cpanel hosting Anda kemudian temukan aplikasi Softaculous.
  • Berikutnya, temukan menu Forums dan pilih salah satu dari sekian banyak script yang tersedia. Saya menyarankan script SMF atau BBPress, tapi jika Anda punya referensi lain, silahkan saja. Namun untuk tutorial ini saya memilih SMF.

  • Klik SMF lalu klik tombol Install.

  • Isilah form in Directory dengan nama pilihan Anda. Anda bebas membuat pilihan, tapi umumnya menggunakan nama "forum".  Atau jika Anda ingin menggunakan domain utama, silahkan kosongkan form in directory.

  • Selanjutnya lengkapi formulir yang diminta, isi dengan lengkap dan valid. Khusus untuk board dan nama situs, Anda bisa mengubahnya nanti.
  • Setelah terisi semua, klik tombol Install dan tunggu beberapa saat.

  • Apabila script forum sudah terpasang, Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini. Tautan pertama adalah tautan forum Anda, sedangkan tautan kedua adalah tautan menuju panel admin di mana Anda dapat membuat topik baru dan berbagai pengaturan lain, termasuk mengubah tampilan forum. Seperti inilah tampilan default forum yang baru saja di-install tadi.

Selamat berkreasi, semoga sukses dengan proyek Anda.

Sumber gambar header iconfinder.