1. DScovery

Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word, Mudah dan Praktis

Membuat struktur organisasi menjadi lebih mudah menggunakan Microsoft Word.

Dalam suatu organisasi, baik dari instansi pemerintah hingga sekolah pasti memiliki struktur di dalamnya. Struktur organisasi berfungsi untuk menunjukkan susunan keanggotaan dalam suatu organisasi, yang dapat memperlihatkan wewenang dan tanggung jawab di dalamnya.

Dahulu, struktur organisasi biasa dibuat secara manual dengan menggambar garis dan menulisnya secara satu per satu. Namun kini, struktur organisasi bisa dibuat dengan bantuan Microsoft Word. Tentunya, struktur organisasi yang dibuat menggunakan Microsoft Word akan lebih praktis dan rapi.

Lantas, apa saja langkah-langkah dalam membuat struktur organisasi di Microsoft Word? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Kamu bisa membuat struktur organisasi di Microsoft Word dengan menggunakan SmartArt. SmartArt adalah salah satu fitur Microsoft Word yang dapat digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam membuat grafik, diagram, dan lain sebagainya.

Berikut adalah langkah-langkah membuat struktur organisasi dengan menggunakan SmartArt.

  1. Pertama, pilih menu Insert/Sisipkan > SmartArt.
©SupportMicrosoft
  • Kemudian, kamu akan dihadapkan pada jendela pop up yang berisi berbagai pilihan diagram yang bisa kamu gunakan. Pilih Hierarki, lalu pilih diagram yang kamu inginkan, kemudian klik OK.
  • ©SupportMicrosoft
  • Jangan lupa untuk mengganti teks sesuai dengan posisi pada struktur organisasimu. Kamu bisa melakukannya dengan klik di dalam kotak [Text], atau klik [Text] di panel Text, lalu ketikkan teksmu.
  • ©SupportMicrosoft
  • Nah, struktur organisasimu akan terbentuk secara otomatis.
  • ©SupportMicrosoft

    Cara Mengatur dan Menyesuaikan Struktur Organisasi di Microsoft Word

    Selain membuat struktur organisasi, kamu juga bisa mengatur dan menyesuaikan struktur organisasi yang telah kamu buat sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut penjelasan mengenai caranya.

    Cara Menambahkan Gambar pada Bagan Struktur Organisasi

    Kamu bisa menambahkan gambar pada bagan struktur organisasimu. Caranya adalah klik Grafik SmartArt > Hierarki > Bagan Organisasi Gambar atau Hierarki Gambar Lingkaran > OK. Setelah itu, klik ikon gambar > cari gambar yang ingin kamu tambahkan > Sisipkan.

    ©SupportMicrosoft

    Cara Menghapus atau Menambahkan Kotak di Bagan Struktur Organisasi

    Untuk menambahkan kotak, kamu bisa klik tab Desain lalu pilih Tambahkan Bentuk. Kamu bisa menyisipkannya pada setelah maupun sebelum kotak yang di pilih. Kamu juga bisa menambahkan kotak satu tingkat di atas atau di bawah kotak yang kamu pilih.

    ©SupportMicrosoft

    Sementara untuk menghapus kotak, kamu bisa klik batas kotak yang ingin dihapus, lalu tekan Delete.

    Cara Mengubah Tata Letak pada Bagan Struktur Organisasi

    More Coverage:

    Kamu bisa mengubah tata letak bagan struktur organisasimu dengan cara klik Tata Letak pada tab Desain. Ada berbagai jenis tata letak yang bisa dipilih, di antaranya standar, keduanya, kiri menggantung, dan kanan menggantung.

    ©SupportMicrosoft

    Cara Mengubah Warna pada Bagan Struktur Organisasi

    Untuk mengubah warna pada bagan struktur organisasimu, kamu bisa klik Ubah Warna pada tab Desain, lalu kombinasikan warna sesuai yang kamu inginkan.

    ©SupportMicrosoft

    Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

    Are you sure to continue this transaction?
    Yes
    No
    processing your transaction....
    Transaction Failed
    Try Again

    Sign up for our
    newsletter

    Subscribe Newsletter
    Are you sure to continue this transaction?
    Yes
    No
    processing your transaction....
    Transaction Failed
    Try Again