Sebelum membahas cara membuat subdomain di Cpanel, kita ulas sedikit apa itu subdomain dan apa sih fungsinya. Subdomain merupakan bagian dari domain yang hanya dapat dibuat di depan domain utama. Misalnya domain utama Anda abc.com, maka sub domain bisa menjadi blog.abc.com atau forum.abc.com.

Berbeda dengan domain utama, untuk membuat subdomain Anda tidak harus membeli lagi. Jumlah dan penamaannya pun tidak seketat domain utama.

Sudah agak paham ya sekarang? Kalau begitu kita langsung masuk cara membuat subdomain di fasilitas Cpanel. Saya asumsikan Anda sudah mempunyai domain dan hosting.

Info Menarik:Aplikasi Peta HERE Sudah Bisa Diunduh untuk Perangkat iPhone dan iPod Touch

  • Login ke Cpanel hosting Anda, kemudian klik Subdomains.

cara membuat subdomain di cpanel

  • Sesampainya di halaman ini, isikan form sebelum domain utama dengan nama subdomain yang Anda inginkan. Terakhir klik tombol Create.

cara membuat subdomain di cpanel

  • Selesai, subdomain Anda sudah berhasil dibuat. Klik tombol Go Back untuk kembali ke halaman depan Cpanel.

cara membuat subdomain di cpanel

Subdomain yang baru saja Anda buat dapat dipasang CMS atau script yang diinginkan sesuai dengan tujuan pembuatannya. Bisa untuk forum, blog, portal berita, toko dan lain-lain.

Sumber gambar header Shutterstock.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.