1. DScovery

6 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik Recruiter

Perhatikan beberapa tips berikut agar surat lamaran kerjamu dilirik oleh rekruiter.

Dalam melamar pekerjaan, ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi sebagai pengantar. Salah satu dokumen yang perlu dilampirkan adalah surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja biasanya berisi permohonan untuk mengisi suatu posisi atau jabatan di perusahaan. Dengan surat ini, rekruiter dapat menilai apakah orang tersebut cocok atau tidak untuk mengisi posisi tersebut melalui kesan pertama. Oleh sebab itu, pembuatan surat lamaran kerja harus diperhatikan secara sebaik mungkin.

Nah, simak 7 tips membuat surat lamaran kerja yang baik benar agar lamaranmu dilirik oleh rekruiter.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

  • Surat lamaran kerja harus memiliki kesan yang impresif. Kesan ini dapat dibangun dengan melakukan deskripsi mengenai diri kita dengan baik, namun bukan yang terlalu arogan atau merendah.
  • Soroti pengalaman, prestasi atau pencapaian yang pernah diraih, karena hal-hal tersebut akan membuat lamaranmu menarik di mata rekruiter.
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami atau tidak bertele-tele.
  • Pertimbangkan membuat surat lamaran kerja menggunakan bahasa Inggris jika diperlukan.
  • Jelaskan apa yang membuatmu tertarik dan apa yang ingin kamu berikan sebagai kontribusi untuk perusahaan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Dilansir dari situs jobs.ac.uk, inilah beberapa tips yang perlu diaplikasikan untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Jangan Menulis Sama dengan CV

Umumnya, surat lamaran kerja dilampirkan secara bersamaan dengan CV. Untuk itu, usahakan jangan menulis kembali hal yang sama dengan apa yang kamu tulis dalam CV. Alangkah baiknya apabila kamu menjelaskan secara lebih detail mengenai pencapaian dan beberapa hal yang ada di CV.

2. Perhatikan Paragraf Pertama dan Terakhir

Paragraf pertama merupakan hal paling penting dalam penulisan surat lamaran kerja. Sebab, paragraf awal ini akan menentukan apakah rekruiter tertarik untuk membaca surat lamaranmu secara lebih lanjut.

Tak hanya itu, paragraf terakhir juga penting untuk diperhatikan. Kamu bisa memberikan beberapa kalimat yang menunjukkan bahwa kamu cocok pada posisi tersebut dan tegaskan informasi kontak yang bisa dihubungi.

3. Tunjukkan Bahwa Kamu Mengetahui Hal-Hal Dasar tentang Perusahaan Tersebut

Sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan bahwa kamu telah melakukan riset dasar mengenai perusahaan yang kamu lamar. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik untuk melamar di perusahaan tersebut. Tentunya, hal tersebut akan membuat rekruiter menjadi terkesan denganmu.

4. Jangan Berlebihan dalam Menyebutkan Kemampuanmu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jangan menulis hal yang sama dengan yang ada di CV. Untuk itu, pastikan kamu tidak berlebihan dalam menyebutkan kemampuanmu, karena hal tersebut tentu sudah ada di CV yang kamu lampirkan.

Alangkah baiknya jika kamu menyebutkan tiga hingga lima saja kemampuan yang berkitan dengan pengalaman yang kamu anggap terbaik dan cocok sesuai posisi yang kamu lamar.

5. Tunjukkan Antusiasme untuk Mengisi Posisi Tersebut

Tunjukkan antusiasme untuk melamar pada posisi tersebut dengan menuliskan beberapa alasan memotivasimu untuk melakukannya. Perlu diperhatikan, jangan gunakan kalimat negatif, melainkan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

6. Perhatikan Kembali Isi Suratmu

Untuk meminimalisir kesalahan ketik atau typo yang akan mengurangi penilaianmu, maka jangan lupa untuk memperhatikan kembali isi suratmu. Kamu juga bisa meminta orang lain untuk mengeceknya kembali agar mengetahui kesalahannya sebelum dikirim.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja. Semoga tips di atas dapat membantumu menulis surat lamaran yang dapat menarik perhatian rekruiter. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again