Membuat toko online bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan plugin Woocommerce. Kita sudah pernah bahas itu dulu, baca lagi di artikel ini. Tetapi jika Anda lebih menyukai platform lain selain WordPress, Anda bisa melirik Prestashop sebagai pilihan. Cara install-nya akan kita bahas sesaat lagi.

Persiapan

  • Buatlah sub domain, atau beli domain baru kemudian atur name server domain sesuai dengan server hosting. Jika memungkinkan, belilah domain dan hosting dari satu provider. Baca kembali tips ini untuk memberi gambaran cara mengatur nameserver domain dan hosting.

Langkah-langkah Membuat Toko Online dengan Prestashop

  • Setelah domain dan hosting terhubung, masuklah ke Cpanel Anda dan klik menu Softaculous.
  • Sesampainya di panel Softaculous, klik Ecommerce – Prestashop.

cara membuat toko online dengan prestashop_1

  • Kemudian klik Install Now.

cara membuat toko online dengan prestashop_2

 

  • Pilih versi yang Anda inginkan, lalu lengkapi form yang diminta. Khusus untuk In Directory, kosongkan jika Anda ingin memasang script Prestashop di domain utama atau di sub domain yang sudah Anda siapkan. Tetapi jika Anda ingin ke sub folder lain di luar domain utama dan belum Anda siapkan, maka isi form tersebut misalnya dengan nama toko, sehingga nantinya toko online Anda memiliki URL: www.namadomain.com/toko.

cara membuat toko online dengan prestashop_3

  • Jika sudah lengkap, klik tombol Install.

cara membuat toko online dengan prestashop_4

  • Selesai, sekarang Anda sudah mempunyai toko online sendiri. Tautan pertama di notifikasi ini adalah tautan menuju ke situs Anda, sedangkan tautan kedua menuju ke panel admin di mana Anda bisa melakukan pengaturan lanjutan.

cara membuat toko online dengan prestashop_5

  • Hasilnya seperti ini, keren kan?

cara membuat toko online dengan prestashop_6

Selamat mencoba ya. Minggu depan, saya akan coba berikan tutorial yang sama, tapi untuk Anda yang ingin menggunakan Magenta. Script toko online lainnya tapi dengan fitur dan kemampuan yang berbeda.

Sumber gambar header Prestashop.