Categories

Tips & Trik

Cara Membuat Typogram dan Microblog untuk Instagram dengan Phonto

Aplikasi Phonto menawarkan fitur yang dibutuhkan untuk membuat typogram dan Microblog untuk Instagram

Lukman Azis - 8 April 2020

Bagi yang kerap mantengin Instagram, tentu kalian tidak asing lagi dengan jenis feed seperti typogram dan microblog. Sentuhan typography dan caption yang menarik menghasilkan konten kreatif dan enak dipandang.

Lalu, bisakah kita membuatnya di smartphone meski tak punya background desain grafis? Jawabannya bisa, misalnya lewat aplikasi seperti Phonto yang tersedia di platform Android dan iOS. Berikut langkah-langkahnya.

Edit Background

cara-membuat-typogram-dan-microblog-untuk-instagram-4

Pertama tentu kita siapkan dulu background-nya, bisa berupa foto atau gambar. Misalnya foto sebaiknya kita edit dulu di aplikasi edit foto seperti Lightroom atau VSCO dan beri efek filter atau preset bila diperlukan. Khusus bagi yang menggunakan iPhone, fitur preset tersedia di aplikasi Phonto versi iOS.

Nah yang perlu diperhatikan saat menerapkan preset adalah tone warna harus senada agar feed tidak terlihat berantakan. Bila pun ingin mengubahnya perlu memperhatikan tata letaknya, misalnya setelah membuat tiga postingan.

Menyusun Teks di Phonto

cara-membuat-typogram-dan-microblog-untuk-instagram-3

Bila background sudah siap, selanjutnya kita akan bermain dengan aplikasi Phonto. Menurut saya tahap ini bagian yang paling menantang, membuat caption dan menyusun teks menjadi satu kesatuan. Meski kelihatannya sepele, tapi proses ini mungkin bakal menyita banyak waktu.

Saya menggunakan smartphone Android dan fitur-fitur versi Phonto di Android ini tidak selengkap di versi iOS yang punya fasilitas jauh lebih banyak. Meski begitu, fitur Phonto Android sudah mencukupi untuk berkreasi.

Setelah mengetik teks, selanjutnya pemilihan font. Ada banyak sekali jenis font dan sebetulnya suka-suka kita memilih yang mana. Atau kalian bisa mencari rekomendasi jenis font yang bagus untuk typogram, yang minimalis dan rapi agar audiens kita nyaman membacanya.

cara-membuat-typogram-dan-microblog-untuk-instagram-2

Bila perlu, font yang dipilih bisa disesuaikan lagi seperti warna, bayangan, jarak antar kata, dan background font. Terus sesuaikan ukurannya dan menyusun tata letak teksnya, ada tool khusus untuk mengatur layout secara presisi.

Lalu, kita bisa menambahkan gambar lain bila ingin dan terakhir jangan lupa untuk simpan project yang telah dibuat. Jadi, bisa diedit lagi dan menambahkan yang kurang nantinya.

cara-membuat-typogram-dan-microblog-untuk-instagram-1

Itu adalah dasar untuk membuat konten typogram dan microblog di Instagram menggunakan aplikasi Phonto di smartphone. Tentu saja, kalian bisa meningkatkan skill desain dengan mempelajari software seperti Adobe Illustrator dan Photoshop untuk membuat elemen-elemen pendukung lebih baik lagi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter