9 September 2014

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Membuat WiFi Hotspot di Android

Cara membuat WiFi hotspot di android tidaklah sulit, sebab fiturnya memang sudah disediakan oleh pengembang. Tapi apabila sobat Trenogoers masih bingung dan penasaran, panduan pemula minggu ini akan mengulas tuntas langkah demi langkah membuat jaringan WiFi hotspot di smartphone atau tablet Android.

Sebelum masuk ke tutorial, perlu saya ingatkan bahwa langkah ini dapat mengakibatkan konsumsi kuota data Anda meningkat tajam sebab perangkat kedua (notebook, komputer atau tablet) yang digunakan untuk mengakses data akan memakan data yang relatif lebih besar dibandingkan langsung menggunakan smartphone.

  • Pertama sekali tap Menu - Settings.

 

Info Menarik: Poppy Melengkapi iPhone Anda Dengan Kemampuan Kamera 3D

 

 

  • Kemudian tepat di bawah Data Usage ada menu More...tap menu tersebut.

  • Berikutnya tap menu Tethering & portable hotspot.

 

 

Info Menarik: Aplikasi Wakie ‘Membangunkan’ Tidur Anda Menggunakan Panggilan Telepon dari Orang Asing

 

 

  • Setelah berada di menu Tethering & portable hotspot, tap tombol OFF sehingga menjadi ON.Sekarang fitur hotspot Anda sudah aktif, tetapi tentunya Anda tidak ingin semua orang mengakses jaringan tersebut, bisa lelet dong internet Anda. Jadi buatlah kata sandi agar hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses hotspot Anda. Tap WLAN hotspot dan lanjut ke poin berikutnya ya.

  • Lalu tap Set up WLAN hotspot.

  • Nah di opsi ini Anda dapat mengatur nama jaringan atau SSID dan kata sandi sebagai otorisasi akses ke jaringan. Dengan begitu, siapapun yang tidak memiliki informasi kata sandi tidak akan dapat menggunakan hotspot Anda.

Setelah pengaturan di atas Anda selesaikan, sekarang silahkan hidupkan laptop atau tablet atau komputer Anda. Hidupkan WiFi dan sambungkan ke jaringan hotspot yang baru saja dibuat. Mudah kan?

Sumber gambar header Free WiFi via Shutterstock