1. Entrepreneur

6 Cara Membuka Smartphone Terkunci Karena Lupa Pola atau PIN

Beberapa solusi sebelum menempuh cara terakhir, reset yang menyebabkan semua data hilang

Pernahkah Anda berada dalam situasi menyebalkan seperti lupa pola, PIN atau kata sandi saat membuka smartphone? Walaupun PIN dan pola disarankan untuk alasan keamanan, faktanya banyak pengguna yang lupa dan akhirnya smartphone pun terkunci lalu berujung pada rasa frustasi karena gagal membuka smartphone.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, ada beberapa cara membuka smartphone lupa pola dan PIN yang bisa Anda ikuti di internet dengan mudah.

Solusi Lupa Pola, PIN atau Sandi Smartphone

Di internet beredar beberapa cara yang bisa Anda ikuti ketika Anda lupa akan pola atau sandi yang Anda pasang di Hp Anda. Kebanyakan cara yang beredar di internet mengharuskan Anda melakukan reset Hp Anda sehingga kemungkinan data penting seperti SMS, kontak, aplikasi, history chat  hilang.

Namun, jangan khawatir, cara di bawah ini tidak mengharuskan Anda melakukan reset. Jika salah satu cara yang Anda ikuti gagal untuk membuka pola atau sandi yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan cara membuka smartphone lupa pola dan sandi lainnya di bawah ini.

Cara Pertama Lupa Pola dengan Forgotten Password

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika lupa pola atau sandi adalah dengan menggunakan fitur forgotten password. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggantian password atau pola yang Anda gunakan sebelumnya dengan pola atau password baru tanpa harus mereset ponsel Anda.

Untuk menggunakan fitur forgotten password, Anda diharuskan melakukan beberapa kali kesalahan memasukan pola atau sandi. Ketika Anda melakukan kesalahan dalam memasukan pola atau sandi, layar ponsel Anda akan memberitahu kalau Anda salah memasukan pola atau sandi. Setelah itu, fitur forgotten password akan muncul.

Menggunakan fitur forgotten password, Anda tidak diharuskan melakukan reset ponsel Anda. Yang harus Anda persiapkan hanyalah ponsel Anda dan koneksi internet yang stabil. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur forgotten password.

  • Ketika notifikasi pola salah muncul, pilih opsi “Forgotten Password”.

  • Setelah itu, Anda diharuskan memasukan akun Gmail dan kata sandi yang telah digunakan di ponsel Anda sebelumnya. Untuk bagian ini, usahakan Anda tidak lupa karena jika lupa, maka proses pemulihan pola atau sandi akan gagal dengan fitur forgotten password.

  • Setelah berhasil memasukan akun Gmail beserta sandinya, akan ada jendela baru yang memuat pilihan untuk mengubah pola, sandi atau PIN. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama ponsel.
  • Anda bisa melakukan penggantian pola, sandi atau PIN yang lebih mudah ataupun menghapusnya.

Cara Kedua dengan Android Device Manager

Cara berikutnya adalah dengan mengunakan Android Device Manager. Cara ini terbilang cukup mudah dan praktis. Yang perlu Anda siapkan adalah berupa ponsel Anda, koneksi internet yang stabil dan sebuah komputer atau laptop. Menggunakan Android Device Manager tidak mengharuskan Anda mereset ponsel Anda jadi data penting tetap aman terjaga. Berikut cara menggunakan Android Device Manager.

  • Melalui laptop atau komputer, kunjungi situs Android Device Manager. Situs tersebut akan meminta Anda untuk log in. Pastikan Anda melakukan log in menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun di ponsel Anda.
  • Setelah proses log in berhasil, Anda akan mendapati halaman berupa sebuah peta yang memuat lokasi ponsel Anda saat ini.
  • Di halaman tersebut juga memuat tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu Ring, Erase dan Lock. Untuk mengatasi lupa pola atau sandi, Anda bisa memilih opsi Lock.

  • Anda akan dibawa ke jendela baru. Di jendela baru tersebut, Anda bisa mengubah pola atau sandi yang ada di ponsel Anda. Buatlah sandi baru untuk ponsel Anda.

  • Setelah selesai, gunakan pola atau sandi yang baru saja Anda buat untuk membuka ponsel Anda yang terkunci.
  • Proses selesai. Sekarang, ponsel Anda tidak lagi terkunci.

Solusi Ketiga; Membuka Smartphone Lupa Pola dengan Menggunakan Bantuan Smartphone Orang Lain.

Cara membuka Hp lupa pola dan sandi berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan Hp orang lain. Cara ini juga termasuk mudah dan praktis. Tidak perlu menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, pinjamlah smartphone orang lain, bisa smartphone orang tua Anda, adik atau kakak Anda atau punya siapapun.
  • Lakukanlah panggilan ke smartphone Anda menggunakan smartphone tersebut.
  • Tunggu hingga proses panggilan masuk.
  • Ketika ponsel Anda berdering, angkat panggilan tersebut.
  • Pada saat proses panggilan sudah berhasil, Anda bisa menekan tombol home sehingga ponsel Anda akan masuk ke menu utama.
  • Selanjutnya, masuklah ke pengaturan dan ubahlah pola atau sandi yang lebih mudah diingat.

Solusi Lupa Pola Keempat; Melalui Reboot Safe Mode Android

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Safe Mode pada ponsel Android. Cara ini biasanya dilakukan dalam kondisi khusus. Biasanya, ada kasus di mana sebuah ponsel Android tidak bisa dibuka pola atau sandinya disebabkan karena aplikasi pihak ketiga.

Meskipun Anda memasukan akun Gmail Anda, tetap saja ponsel Anda tidak bisa dibuka jika terdapat masalah penguncian oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk mengatasinya, safe mode merupakan cara paling aman dibandingkan melakukan reset. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, tekan tombol power off di ponsel Anda. Biasanya, akan muncul opsi “power off” atau “restart”.
  • Setelah dua opsi di atas muncul, tekan lagi tombol power di ponsel Anda hingga opsi untuk melakukan Reboot Safe Mode muncul. Tekan tombol OK atau Yes.

  • Ponsel Anda akan loading hingga restart kembali. Setelah itu, ponsel akan masuk ke menu safe mode.
  • Melalui safe mode, lakukan proses uninstal aplikasi penguncian pihak ketiga yang membuat ponsel Anda terkunci.
  • Setelah aplikasi di-uninstall, lakukan tombol restart dengan menekan tombol power beberapa saat atau pilih opsi restart.
  • Proses selesai dan ponsel Anda tidak lagi terkunci.

Solusi Kelima: Menggunakan ADB

Cara membuka HP lupa pola dan sandi berikutnya adalah dengan menggunakan ADB. Menggunakan cara ini tidak akan mereset ponsel Anda sehingga semua data Anda yang belum di-back up tidak akan hilang. Untuk menggunakan fitur ADB, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Sambungkan smartphone Anda yang terkunci dengan sebuah laptop atau komputer.
  • Selanjutnya, Anda dapat memasukan perintah untuk masuk ke dalam direktori instalasi ADB.
  • Kemudian masukan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key. Setelah itu, tekan tombol Enter pada keyboard laptop atau komputer Anda.
  • Cabut ponsel Anda, kemudian lakukan reboot pada smartphone Anda. Tunggu hingga ponsel aktif kembali.
  • Layar terkunci akan hilang di dalam smartphone Anda. Namun, hanya sementara. Anda dapat masuk ke menu Pengaturan atau Setting untuk mengubah pola atau sandi yang baru atau menghapusnya.

Solusi Keenam: Menggunakan Recovery Mode

Langkah terakhir yang bisa Anda tempuh jika semua cara di atas tidak berhasil Anda lakukan adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Resiko dari menggunakan Recovery Mode adalah semua data yang ada di dalam ponsel Anda akan terhapus secara permanen jika tidak di-backup di dalam sistem akun Google Anda.

Langkah ini juga membuat semua sistem dan pengaturan yang ada di dalam ponsel Anda akan hilang karena ponsel Anda di-reset secara permanen. Jika Anda diharuskan menggunakan cara ini, berikut langkah-langkahnya.

  • Matikan ponsel Anda. Setelah itu, masuk ke mode Recovery Mode. Untuk dapat masuk ke dalam Recovery Mode, setiap pabrikan ponsel memiliki cara yang berbeda-beda. Jika Anda pengguna ponsel Samsung, Anda dapat masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan Power dan Volume Down pada saat ponsel Anda dalam kondisi mati. Kemudian ponsel Anda akan nyala kembali dan masuk ke dalam Recovery Mode.
  • Setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, pilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk navigasi di dalam Recovery Mode.

  • Setelah memilih opsi Wipe Data/Factory Reset, tekan tombol OK atau Yes menggunakan tombol Power.
  • Ponsel Anda akan direset selama proses loading. Tunggulah hingga proses selesai.
  • Setelah proses loading selesai, tekan opsi Reboot System Now.

  • Ponsel Anda akan kembali menyala dengan setelan pabrik dan pola atau sandi layar kunci pun hilang.

Semua cara membuka smartphone yang lupa pola dan sandi di atas sebagian besar bisa Anda lakukan sendiri di rumah meskipun tidak memiliki pengalaman. Yang perlu Anda perhatikan adalah terlepas dari Anda ingat pola atau sandi smartphone Anda, back-up lah semua data sesegera mungkin. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika suatu saat Anda lupa pola dan sandi sehingga Anda diharuskan mereset smartphone.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again