Cara Memotret dan Edit Foto Hitam Putih di Snapseed

Tutorial Snapseed Bagian 2: Cara Memotret dan Edit Foto Hitam Putih

Anda bisa mempertegas makna lewat foto hitam putih
cara-memotret-dan-edit-foto-hitam-putih-di-snapseed-2
cara-memotret-dan-edit-foto-hitam-putih-di-snapseed-2

Jika Anda ingin mem-posting foto yang mengundang decak kagum di Instagram dan membekas kuat di benak orang yang melihatnya. Mungkin sudah saatnya Anda mempelajari teknik foto black & white atau hitam putih.

Dalam tutorial kali ini saya akan mengandalkan mode pengaturan kamera manual atau profesional yang ada di smartphone dan aplikasi edit foto Snapseed untuk mengkonversi foto berwarna menjadi foto hitam putih. Ada beberapa yang harus kita diperhatikan, berikut langkah-langkahnya:

1. Pengaturan Mode Kamera Manual

cara-memotret-dan-edit-foto-hitam-putih-di-snapseed-1

Kebanyakan smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan mode manual yang memungkinkan kita mengatur ISO, shutter speed, exposure, white balance, ​​dan focus. Yang harus kita lakukan adalah atur ISO serendah mungkin agar pada saat foto diproses noise yang muncul bisa diminimalkan.

Selain itu, simpan foto Anda dalam mode RAW jika smartphone Anda dilengkapi fungsi ini. File RAW mengandung semua informasi warna dari tangkapan foto Anda, dengan begitu Anda bisa lebih leluasa melakukan editing foto.

Jika pengaturan di atas sudah siap, saatnya pergi keluar untuk mengambil foto dan mengasah kemampuan Anda. Pikirkan komposisi, manfaatkan suasana, dan teknik fotografi lainnya, pengalaman akan mengajarkan Anda.

2. Editing dengan Snapseed

cara-memotret-dan-edit-foto-hitam-putih-di-snapseed-2

Ini adalah artikel tutorial Snapseed ke dua, sebelumnya saya membahas cara meningkatkan kualitas hasil foto smartphone.

Snapseed sendiri sudah menyediakan cukup banyak efek hitam putih. Pertama Anda bisa mengaksesnya melalui menu styles, ada empat efek yang tersedia yaitu fine art, push, structure, dan silhouette. Bagi saya structure adalah yang paling menarik, efek ini lebih natural dalam mempertegas detail foto.

Kedua, Anda bisa akses melalui tools dan black & white. Total ada enam efek yaitu neutral, contrast, bright, dark, film, dan darken sky. Masing-masing efek yang ada bisa disesuaikan lebih lanjut.

cara-memotret-dan-edit-foto-hitam-putih-di-snapseed-3

Ketiga adalah efek HDR hitam putih yang dramatis dengan mengkombinasikan beberapa fitur. Caranya:

  • Buka tools dan pilih HDR scape, pada filter strength, sesuaikan brightness ke level 89.
  • Berikutnya buka tools dan klik details, lalu naikkan structure ke level 100.
  • Terakhir, buka tools dan menu black & white.

Biar Anda bisa menghasilkan foto hitam putih putih yang estetis dan menarik ala fotografer profesional, tentu Anda harus rajin pergi keluar, dan asah kemampuan teknik fotografi Anda.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Business
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…