4 February 2015

by Bambang Winarso

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Untuk mempercepat booting Windows 7 Anda mempunyai dua pilihan. Pilihan pertama meng-upgrade komponen piranti keras agar performa komputer lebih kencang, tetapi tidak ada jaminan akan menyelesaikan masalah. Kedua, mengurangi beban kerja yang harus diproses oleh perangkat dengan melakukan tweak. Mau pilih yang mana?

Pilihan kedua terdengar lebih masuk akal dan murah, tak perlu keluar modal. Cukup ikuti panduan mempercepat booting komputer Windows 7 yang dibahas di artikel ini.

Cara Pertama

  • Cara pertama yang dapat Anda terapkan adalah dengan mengurangi beban pada saat komputer melakukan startup, caranya tekan tombol WinKey (tombol bergambar Windows) + R. Jika muncul jendela Run seperti ini, ketikkan msconfig dan klik OK atau tekan enter.

  • Perintah tersebut digunakan untuk mengakses System Configuration, tampilannya jendelanya seperti ini. Klik menu tab Startup kemudian hilangkan centang di program yang ingin Anda matikan saat proses startup. Tetapi hati-hati, jangan mematikan program-program bawaan komputer atau program dari Microsoft. Anda boleh menghilangkan centang untuk program-program yang berkaitan dengan pihak ketiga atau bersifat pelengkap. Jika sudah selesai klik tombol OK.

 

Info Menarik:[Panduan Pemula] Tutorial Microsoft Excel 2007, Cara Mengolah dan Mengurutkan Data Tabel

 

Cara Kedua

  • Berikutnya lakukan juga cara kedua ini, sama seperti cara pertama tekan tombol WinKey + R kemudian ketikkan services.msc dan tekan enter atau OK.

  • Temukan services yang startup type-nya Automatic, tetapi pastikan pula service yang Anda pilih adalah milik aplikasi pihak ketiga. Klik dua kali di service tersebut untuk membuka jendela properties.

 

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007

 

  • Setelah jendela properties terbuka, ubah pilihan Automatic menjadi Automatic (Delay Start).

 

  • Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Dengan dua cara ini Anda dapat mempercepat booting Windows 7 dengan aman, tanpa aplikasi dan tanpa biaya. Selamat mencoba!

Sumber gambar header Adriano Castelli/Shutterstock.