21 January 2016

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Bagaimana Cara Mempercepat Indeks Google untuk Blog Baru?

Blog baru biasanya lebih sulit terindeks mesin pencari, beberapa bahkan membutuhkan waktu berminggu-minggu

Pertanyaan ini dilemparkan oleh salah seorang peserta workshop di mana saya menjadi salah satu pematerinya. Namun tidak dijawab dikarenakan tidak berkaitan dengan topik yang dibahas waktu itu, saya kemudian berjanji akan memberikan jawaban melalui kolom Ask the Expert di DailySocial. Hari ini akhirnya bisa terwujud, semoga pertanyaan ini juga mewakili problema yang dihadapi sobat DS lainnya.

Pertanyaan:

Bagaimana cara mempercepat crawl indeks Google untuk blog yang benar-benar baru?

Jawaban:

Google mempunyai mesin yang dinamakan Googlebots, tugasnya adalah mengumpulkan berkas suatu situs atau blog untuk kemudian ditampilkan di mesin pencari. Sehingga semua orang bisa menemukannya. Tapi Googlebots tidak bekerja sembarangan, ia mempunyai standar-standar khusus yang apabila tidak dipenuhi maka blog bersangkutan relatif membutuhkan waktu yang lama untuk terbaca olehnya. Apalagi jika blog tersebut baru lahir beberapa hari yang lalu.

Ada beberapa tips untuk mempercepat indeks Google di blog baru.

  • Pastikan Anda mengatur agar blog terbaca oleh mesin pencari. Caranya kalau di blog berbasis WordPress, klik Setting - Reading dan pastikan tidak ada tanda centang di opsi Discourage search engines from indexing this site.
  • Buatlah peta situs. Peta situs biasanya dalam format XML yang terdiri dari daftar seluruh halaman yang ada di blog sobat. Peta situs akan membantu Googlebots untuk membaca halaman baru dan seberapa sering crawl dilakukan untuk halaman tertentu. Cara membuat peta situs di masing-masing platform berbeda, namun submitnya tetap sama yaitu ke Google Webmaster Tool.
  • Submit peta situs ke Google Webmaster Tool. Nah, khusus yang satu ini nanti akan saya buatkan tutorialnya, jadi tetap pantau Dailysocial.
  • Submit blog ke mesin pencari, tautannya di sini.
  • Bagikan tautan blog baik itu halaman utama maupun tulisan baru ke jejaring sosial, bisa ke Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Stumbleupon, dan lain-lain. Maka dari itu, buatlah akun khusus untuk blog di masing-masing platform.
  • Manfaatkan fitur Fetch as Google yang memang disediakan sendiri oleh Google. Untuk mempergunakannya, Anda harus punya akun Google Webmaster kemudian klik Crawl - Fetch as Google.
  • Tingkatkan kecepatan blog, karena Google mempunyai standar yang tinggi ketika menilai kecepatan loading sebuah halaman. Googlebots biasanya juga membuat semacam rating sebagai ukuran kecepatan indeks. Mulai dari slow, normal dan fast. Namun Anda boleh mengubahnya ke posisi yang paling cepat, caranya masuk ke Google Webmaster Tool - Crawl Rate. Tapi tentunya langkah ini harus diimbangi dengan peningkatkan kecepatan server blog. Tanpa itu, trik ini tidak akan bekerja dengan efektif.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mempercepat indeks mesin pencari untuk blog baru. Namun tak tertutup kemungkinan masih ada trik-trik rahasia lain yang tak lebih jitu yang sobat DS ketahui. Jika ada, boleh dong dibagikan ke yang lain.

Sementara bagi sobat DS yang hendak mengirimkan pertanyaan seputar gadget, teknolog, blog dan SEO, silahkan mengisi form ini dan mengirimkannya ke redaksi. Pelajari juga apa itu blog di artikel saya sebelumnya, klik di sini. Dan Apa itu SEO di sini.

Sumber gambar header Shutterstock.