MSME Tutorial

Cara Memulai Bisnis Warung Secara Digital di Era Digitalisasi UMKM

Mengetahui tips dan cara memulai bisnis warung digital bersama Warung Pintar.

Digitalisasi tidak hanya berdampak pada pelaku usaha besar, namun juga kecil dan menengah. Bentuk digitalisasi pada UMKM umumnya berupa penggunaan platform-platform digital untuk berjualan, seperti melalui e-commerce atau membuat website toko online sendiri.

Lalu, bagaimana dengan bisnis warung? Apakah ada cara memulai bisnis warung secara digital? Dan bagaimana bentuk digitalisasi pada warung?

Cara Memulai Bisnis Warung Secara Digital

Warung adalah salah satu jenis usaha kecil dan menengah yang banyak ditemukan di Indonesia. Apabila Anda adalah salah satu pemilik bisnis warung yang ingin upgrade usaha bisnis Anda ke digital, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Warung Pintar. Simak beberapa tips untuk memulai bisnis warung secara digital dengan Warung Pintar di bawah ini. 

Belanja Stok Warung di Platform Digital

Dikarenakan warung lebih fokus pada target penjualan offline, maka proses penjualan pada bisnis warung tidak bisa dipindahkan ke online. Apabila penjualan tidak bisa dilakukan secara digital, Anda selalu bisa untuk melakukan pembelian kebutuhan stok warung secara online.

 

 

Anda dapat menggunakan platform digital Warung Pintar yang memberikan solusi belanja stok warung yang mudah dari rumah hanya bermodalkan aplikasi Warung Pintar di smartphone Anda.

Untuk tutorial pendaftaran di Warung Pintar, Anda bisa melihat selengkapnya di sini.

Ubah Pembukuan Konvensional ke Digital

Cara kedua untuk memulai bisnis warung secara digital adalah dengan mengubah pembukuan warung dari konvensional ke digital.

Pembukuan konvensional adalah pencatatan transaksi penjualan menggunakan buku. Sedangkan pembukuan digital adalah pencatatan transaksi menggunakan platform digital app-based atau web-based.

 

 

Untuk melakukan pembukuan digital, banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan aplikasi Warung Pintar untuk berbelanja stok warung, Anda juga bisa melakukan pencatatan transaksi pada aplikasi Warung Pintar dengan fitur Catatan Pintar.

Aktifkan Pembayaran Digital

Tips untuk memulai bisnis warung secara digital yang terakhir yaitu mengaktifkan layanan pembayaran digital.

Kemudahan yang diberikan pada layanan digital membuat banyak orang kini beralih dari pembayaran tunai ke pembayaran digital.

Anda dapat mengaktifkan layanan pembayaran digital seperti QRIS sebagai alternatif pilihan pembayaran untuk pelanggan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem pembayaran QRIS, Anda dapat simak di sini.

Nah itu dia tiga cara memulai bisnis warung secara digital bersama Warung Pintar. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda meng-upgrade usaha Anda ke digital di era digitalisasi UMKM ini. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter