Dengan asumsi Anda adalah pemilik modem, Anda tentu punya hak istimewa untuk mengizinkan pengguna lain terhubung ke jaringan Anda. Tapi, jika pengguna lain mulai mengganggu aktivitas Anda di dunia maya, mungkin sekarang waktunya Anda melirik trik memutuskan koneksi WiFi pengguna lain tanpa mengganti kata sandi WiFi atau memintanya secara langsung yang bisa menimbulkan benturan sosial.

  • Unduh dahulu aplikasi Netcut kemudian install di komputer Anda.
  • Jalankan sebagai administrator (run as administrator) lalu biarkan aplikasi memindai alamat IP pengguna yang tersambung di WiFi yang sama. Atau Anda bisa menekan tombol Refresh untuk melakukannya secara manual.

Cara Memutus Koneksi Wi-Fi Pengguna Lain di Jaringan yang Sama_1

  • Setelah alamat IP dan Mac tampil, tandai semua alamat IP yang ingin Anda putuskan koneksinya lalu klik Cut Off. Alamat yang IP yang berhasil diputus akan berubah menjadi merah.

Cara Memutus Koneksi Wi-Fi Pengguna Lain di Jaringan yang Sama_2

  • Untuk kembali menyambungkan koneksi, tandai alamat IP yang berwarna merah dan klik tombol Resume.

Cara Memutus Koneksi Wi-Fi Pengguna Lain di Jaringan yang Sama_1

  • Netcut juga sudah menyediakan tool untuk melindungi alamat IP anda dari serangan pengguna lain yang juga memanfaatkan Netcut. Untuk mengaktifkan tool ini cukup centang opsi Protect my Computer, atau jika dirasa kurang powerful Anda bisa menggunakan Netcut Defender dengan mengklik menu Netcut-Defender di daftar menu.

Cara Memutus Koneksi Wi-Fi Pengguna Lain di Jaringan yang Sama_1

Cara ini sangat efektif memangkas penggunaan data berlebihan oleh pengguna lain. Tetapi Anda disarankan untuk bijak menggunakannya, misalnya dengan memutus koneksi di jam-jam tertentu saja. Catatan penting, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memutus koneksi di jaringan yang sama, selain itu cara ini tidak bisa diterapkan. Oya, Netcut ini juga punya versi Android. Lain kali saya akan tulis cara penggunannya.

Untuk Anda pengguna Indihome, trik di artikel ini juga bisa jadi solusi yang tujuannya hampir serupa.

Sumber gambar header Pixabay.