1. Entrepreneur

Cara Menambahkan Produk untuk Dijual di Facebook Shop

Langkah-langkah menambahkan produk dagangannya untuk dijual di Facebook Shop.

Facebook Shop adalah marketplace atau layanan belanja mobile-first dari platform media sosial Facebook, yang diperuntukkan bagi pelaku usaha dalam berbisnis online. Facebook Shop menyediakan beragam layanan dan fitur yang mendukung bisnis pelaku usaha.

Pelaku usaha dapat memilih item produk atau mana yang ingin ditampilkan, menambahkan barang dagangan ke koleksi produk, dan menceritakan kisah dengan font dan warna yang dapat disesuaikan.

Selain itu, pelaku usaha juga dapat terhubung langsung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan dukungan, melacak pengiriman, dan lainnya.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait Facebook Shop beserta cara menambahkan produk dagangannya untuk dijual oleh pelaku usaha di Facebook Shop.

Langkah Menambahkan Produk di Facebook Shop

Sebelum menjual produk dagangan di Facebook Shop, pastikan terlebih dulu pelaku usaha telah memiliki akun Facebook dan toko online di Facebook Shop. Perlu diketahui, produk yang dapat ditambahkan di platform ini hanya dapat berupa barang fisik.

Ada pun langkah-langkah dalam menambahkan dan mengelola produk toko online di Facebook Shop ini, antara lain sebagai berikut:

  • Buka laman Commerce Manager milik toko Anda.
  • Pilih tab ‘Catalog’. Lalu, pilih ‘Items’.

  • Klik ‘Add Items’, lalu Anda dapat memilik apakah produk yang diupload hanya satu atau lebih dari satu. Jika hanya satu, pilih ‘Add One Item’, sedangkan jika lebih dari satu, pilih ‘Add Multiple Items’.

  • Lengkapi detail produk yang ingin ditambahkan. Mulai dari foto, nama produk, deskripsi produk, tautan website, harga, kondisi, kategori produk. Sebagai catatan, dalam deskripsi produk, sertakan fitur unik dan informasi yang relevan seperti ukuran, warna, bahan, dimensi, dan petunjuk perawatan.

  • Lalu, klik ‘Finish’.
  • Produk berhasil ditambahkan. Setiap produk yang telah ditambahkan akan diunggah secara otomatis ke toko Anda.

  • Jika mematuhi kebijakan Facebook Shop, biasanya produk akan muncul di toko Anda dalam waktu 24 jam. Dengan catata, beberapa produk mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk ditinjau.

Keuntungan Jual Produk di Facebook Shop bagi UMKM

Bagi pelaku usaha, penggunaan media sosial marketplace seperti Facebook Shop tentu sangat berdampak baik bagi kelangsungan bisnis. Melalui berbagai fitur dan layanan yang diberikan Facebook, berikut keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha:

  • Pelaku bisnis termasuk UMKM dapat beradaptasi dengan kemajuan bisnis digital saat ini. Bisnis dapat dilakukan secara online dan terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.
  • Penggunaan media sosial marketplace mempermudah calon pelanggan untuk menemukan dan berbelanja hal-hal yang mereka sukai melalui media sosial.
  • Pelaku bisnis lebih mudah dalam mengelola toko online-nya sendiri dengan dapat memilih produk yang ingin mereka tampilkan dari katalog mereka dan kemudian menyesuaikan tampilan dan nuansa toko mereka dengan gambar sampul dan warna aksen yang menampilkan merek mereka.
  • Pelaku usaha dapat menghemat anggaran usaha mereka dalam melakukan pemasaran dan penjualan.
  • Pelaku usaha dapat menjadikan merek usahanya dikenal global karena media sosial bersifat universal.

Demikian serangkaian penjelasan terkait cara menambahkan produk dagangannya untuk dijual di Facebook Shop.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again