1. Entrepreneur

Cara Menambahkan YouTube Cards ke Dalam Video

Membantu YouTuber mendapatkan view untuk video lainnya

Eksis di YouTube tentu baik, tapi mengunggah video bukan satu-satunya tugas yang harus dilakukan. Ada beberapa hal lain yang juga tidak kalah penting, salah satunya adalah menambahkan YouTube Cards, yaitu semacam kartu notifikasi yang muncul di sudut kanan atas di menit tertentu ketika video diputar.

Seperti ini bentuk dari YouTube Cards yang saya maksudkan.

Fungsi YouTube Cards

YouTube Cards punya fungsi yang hampir sama dengan artikel terkait atau iklan popup di dalam sebuah platform website. Di ruang ini, YouTuber bisa mempromosikan video terkait atau channel lain ke pemirsa setianya.

Cara Bikinnya Bagaimana?

  • Login ke akun YouTube Anda, kemudian klik menu Creator Studio.

  • Klik Edit di salah satu video yang ingin diberi YouTube Cards.

  • Di laman ini, klik menu Cards (1), kemudian posisikan di mana YouTube Cards akan tampil, bebas di mana aja (2). Klik Add card (3), dan ketika muncul opsi-opsi di angka empat (4) di screenshot ini, pilih salah satu.
  • Pilihan Video or Playlist, berarti Anda akan membuat YouTube Cards berupa video atau daftar putar. Opsi Channel, berarti Anda akan mempromosikan channel Anda dan opsi Poll untuk membuat jajak pendapat.

  • Di kasus ini, saya pilih Video or Playlist, lalu akan muncul jendela popup berisikan koleksi-koleksi video yang pernah diunggah. Pilih salah satu dan klik Create Card.

  • Selesai, YouTube Card sudah berhasil dibuat. Di kasus ini, saya sudah membuat tiga buah YouTube Cards dengan pilihan video yang berbeda.

Selesai, selamat mencoba sendiri di rumah.

Sumber gambar header Marketingdigest.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again