10 Tips Cara Menang Hackathon Untuk Pemula

Untuk menjadi juara hackathon, kamu perlu tahu 10 cara menang hackathon sebelum berkompetisi.

Kompetisi hackathonmenjadi salah satu kompetisi yang paling ditunggu-tunggu oleh para programmer, karena dengan kompetisi ini mereka bisa berkompetitif untuk membuat sebuah proyek. Namun, hackathon bukan lah hal yang mudah dilakukan apalagi jika kamu belum pernah punya pengalaman. Maka dari itu kamu perlu tahu cara menang hackathon dengan mudah.

Seperti yang kamu ketahui kompetisi ini adalah sebuah kompetisi yang diikuti oleh banyak programmer untuk membuat proyek dan mencari solusi berkualitas tinggi dari tema yang sudah ditentukan.

Nantinya, inovasi yang cukup tinggi akan menjadi pemenangnya dna biasanya hadiah juara hackathon berupa uang puluhan hingga ratusan juta. Selain itu, proyek terbaik juga akan dibeli atau dikontrak oleh perusahaan-perusahaan penyelenggara.

Hal itulah yang menjadikan hackathon cukup kompetitif. Namun, kamu juga bisa menjadi juara hackathon dengan mengikuti beberapa tips menang hackathon berikut sebagai persiapan:

5 Cara Menang Hackathon

1. Pahami Tema Hackathon 

Hal paling utama dalam tips menang hackathon adalah kamu perlu paham tentang tema hackathon yang akan diselenggarakan, biasanya tema hackathon akan berbeda-beda sesuai dengan perusahaan penyelenggara.

Jadi, kamu juga perlu mempelajari terkait perusahaan penyelenggara dahulu agar bisa mendapatkan insight yang nantinya akan dituangkan ke dalam ide proyek.

2. Menentukan Tim Terbaik

Umumnya kompetisi ini dilakukan dalam bentuk tim dengan jumlah 2-5 individu setiap timnya. Maka dari itu, kamu perlu membentuk tim terbaik yang sekiranya bisa diajak berkolaborasi dan memiliki ide yang sejalan. Kamu bisa memilih anggota yang memiliki skill komunikasi yang baik, memiliki skill memecahkan masalah, dan juga yang dapat bekerja secara cepat. Semuanya harus saling melengkapi. Untuk membentuk tim terbaik, kamu juga bisa mengajak beberapa teman kamu yang untuk mengikuti kompetisi hackathon secara bersamaan.

3. Melakukan Percobaan Terlebih Dahulu

Kamu bisa melakukan percobaan atau simulasi proyek terlebih dahulu di rumah, bahkan banyak kompetisi hackathon yang mewajibkan untuk mengimplementasikan API yang disediakan. Sehingga, kamu bisa mencobanya dahulu untuk menghindari kemungkinan gagal.

4. Tentukan Prioritas

Kompetisi ini biasanya akan berlangsung selama 24-48 jam, dan untuk waktu tersebut akan terasa sangat sebentar dalam kompetisi ini. Sehingga, kamu harus menentukan prioritas utama apa yang seharusnya dibuat paling pertama dan terakhir. 

Kemudian, jangan lupa untuk selalu melakukan testing rutin di setiap fungsinya.

5. Persiapkan Diri Untuk Tetap Terjaga

Kompetisi hackathon biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama berjam-jam. Maka, kamu perlu bersiap untuk selalu waspada dan tetap terjaga beberapa jam tanpa tidur, coba untuk beristirahat sebelum kompetisi ini dimulai.

6. Fokus Kerja Tim

Cara menang hackathon adalah memiliki tingkat kolaborasi atau kerja tim yang tinggi, karena dengan kerja tim yang tinggi bisa mencapai tujuan secara cepat. Jadi, ketika kompetisi kembangkan keterampilan kolaboratif dengan rekan satu tim.

7. Jalin Komunikasi yang Baik

Kerjasama tim bisa selesai dengan adanya komunikasi yang baik dan searah, setiap anggota perlu berkomunikasi untuk mencari saran dan menuangkan ide terhadap proyek secara tepat. Jika tidak ada komunikasi, biasanya akan mengakibatkan kegagalan.

8. Istirahat yang Cukup

Walaupun dinamakan kompetisi bukan berarti kamu tidak perlu istirahat, umumnya saat kompetisi berlangsung akan ada sesi istirahat. Untuk itu manfaatkan waktu tersebut untuk mengisi tenaga dengan makan dan juga mengobrol santai dengan anggota tim agar suasana hangat sekaligus menghindari stres.

9. Presentasikan prototipe Dengan Jelas

Setelah membuat proyek atau prototipe, para peserta biasanya akan diminta untuk mempresentasikan proyek tersebut dimulai dari bagaimana cara mendapatkan idenya, apa yang kamu buat, dan cara mengatasi masalah yang ada.

Ketika presentasi, kamu harus melakukannya secara jelas, padat, dan singkat agar juri juga bisa mendapatkan poin dari proyek tanpa bertele-tele.

10. Maksimalkan Sesi Tanya Jawab

Sesi tanya jawab biasanya dilaksanakan setelah presentasi selesai, untuk itu kamu perlu menyiapkan jawaban yang mungkin akan ditanyakan oleh juri. Sebab pertanyaan juri yang tidak terjawab bisa mengurangi rasa rasa pada prototipe yang sudah kamu buat.

Daftar Kompetisi Hackathon di Indonesia

1. Toyota Funcode

Kompetisi hackathon yang diselenggarakan oleh Toyota ini berlangsung pada tahun 2019. Sebagai perusahaan otomotif terkenal di dunia, tentunya tema atau fokus kompetisi hackathon Toyota Funcode adalah terkait dunia otomotif, seperti eco driving, keselamatan berkendara, dan perawatan berkendara. Hadiah juara hackathon juga berkisar ratusan juta.

2. Hackathon Merdeka

Acara Hackathon Merdeka 3.0 dilaksanakan pada tahun 2015, kompetisi ini diselenggarakan oleh Code4Nation dan beberapa lembaga negara. Hackathon Merdeka sudah diselenggarakan sebanyak tiga kali.

Adapun, tujuan dari kompetisi Hackathon Merdeka adalah untuk mencari solusi dari permasalahan yang sering terjadi di Indonesia seperti pencegahan korupsi.

3. UKode Hackathon

Tahun 2021 Tech Hub bersama DailySocial juga menyelenggarakan hackathon sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin menuangkan inovasi terbaik untuk menangani masalah lingkungan di Indonesia melalui teknologi digital. Tema kompetisi ini seputar bagaimana menyikapi isu perubahan iklim.

Jadi, itu adalah 10 cara menang hackathon yang bisa kamu terapkan saat melakukan kompetisi nantinya. Jangan lupa untuk persiapkan tim terbaik untuk menjadi juara hackathon.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again