Ketika berurusan dengan data yang jumlahnya sangat banyak, Anda tentu sesekali akan dihadapkan dengan adanya kemungkinan data yang sama atau duplikat. Sementara, tuntutan kerja mengharuskan Anda untuk bebas dari hal semacam ini.

Jika sudah begitu, tak ada cara lain yang bisa Anda lakukan selain mencari dan menemukan data ganda tersebut, lalu mengeliminasinya. Untungnya, di Excel hal semacam itu sangat mungkin dilakukan, tak peduli seberapa besar data yang Anda miliki. Kita akan menggunakan fitur bernama Conditional Formatting.

  • Tandai kolom atau rentang data Anda, boleh satu kolom atau seluruh kolom.

Cara Mencari dan Menemukan Data Ganda di Dokumen Microsoft Excel 2016_1

  • Selenjutnya, klik menu Home – Conditional Formatting – Highlights Cells Rules – Duplicates Values.

Cara Mencari dan Menemukan Data Ganda di Dokumen Microsoft Excel 2016_2

  • Selesai, data ganda akan ditandai dengan warna berbeda. Anda bisa menentukan warna yang lain di jendela popup yang muncul.

Cara Mencari dan Menemukan Data Ganda di Dokumen Microsoft Excel 2016_3

Selanjutnya, setelah data-data ganda diperoleh, Anda dapat melakukan modifikasi lanjutan sesuai dengan kebutuhan.

Selain menandai dua rentang data sekaligus, Anda juga bisa menemukan data ganda atau duplikat hanya di satu kolom data. Cukup tandai satu kolom data, lalu ulangi langkah-langkah di atas. Maka, hasilnya akan seperti ini.

Cara Mencari dan Menemukan Data Ganda di Dokumen Microsoft Excel 2016_4

Pada dasarnya, data yang ditandai akan sama. Namun, cara ini relatif lebih simple karena perhatian Anda hanya akan terfokus pada satu kolom. Selamat mencoba!

Baca juga beberapa artikel tutorial Excel berikut:

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.