Cara Mencegah Artikel Blog Dicopy-paste

Cara Mencegah Pembajakan Artikel di Blog WordPress

Direktori plugin WordPress menyediakan alat untuk mencegah praktik copy paste tulisan blog oleh oknum tak bertanggung jawab
do-not-copy-160137_1280
do-not-copy-160137_1280

Di era serba digital sekarang ini, informasi tersebar sedemikian cepat dan masif. Jika dahulu media lebih banyak bergerak secara offline dalam bentuk koran dan majalah, kini telah bergeser ke media digital lewat situs dan beberapa media memilih blog yang lebih sederhana.

Tetapi karena pertukaran informasi, pemahaman akan blogging kian merata dan tuntutan ketersediaan informasi yang cepat memunculkan cara-cara kurang sehat dalam menghantarkan konten. Beberapa oknum lebih memilih untuk menyalin dari web lain ketimbang menyajikan hasil karyanya sendiri. Bagi pemilik media web dan blog, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah praktik seperti itu, caranya dengan memasang script atau plugin tambahan. Tutorial berikut ini bisa dipraktikkan untuk blog berbasis WordPress, di mana kita akan menggunakan plugin.

  • Login ke dashboard Anda, kemudian klik Plugin – Add New (tambah baru).
  • Kemudian ketikkan kata kunci prevent copy atau copy protection di kolom pencarian. Setelah muncul hasil pencarian, rekomendasi saya pilihlah pluginWP Content Copy Protection & No Right Click. Selanjutnya klik Install Now.

cara mencegah blog dicopy paste

 

  • Setelah sukses terpasang, klik tombol Activate agar plugin bisa segera dipakai.

cara mencegah blog dicopy paste

 

  • Sekarang plugin semestinya sudah terpasang, dan Anda bisa menemukan pengaturannya di menu Setting – WP Content Copy Protection.

cara mencegah blog dicopy paste

 

  • Tak ada pengaturan khusus yang harus Anda lakukan. Cukup pengaturan default, tetapi jika Anda ingin mengubah pesan peringatan silahkan saja. Jangan lupa klik tombol Save Setting untuk menyimpan perubahan.

cara mencegah blog dicopy paste

 

  • Selesai, sekarang apabila seseorang berusaha membajak artikel di blog Anda, mereka akan melihat pesan seperti ini. Bahkan termasuk Anda sendiri.

cara mencegah blog dicopy paste

 

Tips Mencegah Pembajakan Artikel Tanpa Plugin

Selain mencegah copy paste dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara-cara lain tanpa melibatkan plugin, antara lain dengan tips-tips berikut ini:

  • Berikan peringatan di bagian footer atau halaman TOS, bahwa konten-konten Anda dilindungi oleh undang-undang, dan Anda berhak menuntut secara hukum.
  • Anda juga bisa memasang widget Digital Millennium Copyright Act (DMCA) di blog, daftarnya gratis di sini. Meskipun aturan ini tidak berlaku di seluruh dunia, tapi cukup efektif untuk membuat siapapun berpikir ulang untuk copas.
  • Anda bisa juga meringankan aturan, misalnya dengan memperbolehkan pengunjung menyalin artikel namun dengan syarat menyertakan tautan live blog Anda. Dengan begitu, Anda juga mendapatkan keuntungan darinya.

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…