Lifestyle

4 Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis

Adakah cara mendapatkan uang dari hobi menulis? Banyak banget, tapi kami hanya akan rangkum 5 alternatif mendapatkan pemasukan buat Anda yang hobi merangkai kata-kata menjadi tulisan entah artikel opini, cerita pendek, puisi atau karya tulisan lainnya. Khususnya yang bisa dilakukan secara online dari rumah.

Mengirimkan Tulisan ke Media Online

Open laptop with pen, open book and coffee cup on a table. Added grain, sepia toned image: Depositphotos.

Ini merupakan salah satu cara menjadikan hobi menulis sebagai sumber uang secara online, bisa dilakukan di waktu senggang dari rumah atau selepas kerja.

Sebagian besar media online di Indonesia masih menggunakan penulis lepas untuk memenuhi kebutuhan konten di website mereka. Ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk masuk dan menjawab kebutuhan mereka.

Anda bisa menulis artikel dalam bentuk opini, tips, puisi, cerpen atau hal bermanfaat lainnya kemudian mengirimkan hasil tulisan ke media.

Ada beberapa media alternatif yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain:

  • Basabasi.com
  • Mojok.co
  • Mongabay.co.id
  • Geotimes.co.id
  • Remotivi.or.id
  • Buruan.co

Menjadi Kontributor Media Online

Berbeda dengan daftar pertama, skema ini mengharuskan Anda menulis secara rutin di satu atau beberapa media. Biasanya, Anda akan terikat kontrak entah jangka pendek atau panjang untuk menjadi kontributor di media mereka.

Baca juga: 5 Program Affiliate Indonesia, Peluang Dapat Duit Online Tanpa Modal

Selain skema pertama, sejumlah media online di Indonesia juga masih memilih menggunakan kontributor lepas karena dapat memangkas biaya tetap yang harus dikeluarkan. Komisi atau fee yang ditawarkan bervariasi, antara 25.000 sampai dengan 100.000 per artikel. Sejumlah media juga menggunakan skema bulanan.

Cara paling mudah menemukan media yang membuka lowongan kontributor adalah dengan menggunakan layana mesin pencari Google. Gunakan kata kunci yang tepat, misalnya lowongan kontributor lepas, lowongan penulis lepas, menjadi penulis lepas, menjadi penulis kami, dan lain sebagainya.

Ikut Lelang Project di Situs Freelance

Cara menghasilkan uang dari hobi menulis berikutnya adalah dengan mendaftarkan diri ke situs marketplace jasa kemudian ikut lelang project. Skema ini bukan hal baru di Indonesia, bahkan sejumlah platform freelance sudah hadir untuk meramaikan industri ini.

Daftar situs freelance yang bisa Anda coba ikuti bisa dibaca di artikel ini: 8 Situs Freelance Terbaik untuk Cari Duit Tambahan Secara Online.

Buka Jasa Penulis Artikel

Selanjutnya, ini bisa jadi peluang usaha online yang punya potensi besar berkembang dalam jangka panjang. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menjadi pemicu berkembangkan sektor digital khususnya media.

Selain media, muncul juga banyak blogger-blogger baru, kemudian sektor usaha baru yang merambah ke dunia maya.

Semua sektor bisnis ini membutuhkan konten, sementara sumber daya mereka tidak mampu memenuhi atau karena sebab lain, salah satunya efisiensi. Ketimbang membayar karyawan tetap, mereka memilih membeli jasa artikel ketika membutuhkan konten.

Anda dapat mengisi gap ini dengan menawarkan jasa artikel kepada mereka. Atau, Anda juga bisa menawarkan jasa artikel ke forum-forum online, grup facebook atau membuat situs sendiri agar jangkuan pasar Anda semakin luas.

Itulah dia beberapa cara mendapatkan uang dari hobi menulis, semoga mencerahkan pencarian Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter