[Panduan Mudik] Cara Menemukan ATM, Restoran dan Fasilitas Umum Menggunakan Waze

Waze bisa menjadi aplikasi alternatif untuk menemani mudik sobat

Selain menggunakan Google Maps, Anda juga dapat menemukan ATM, SPBU, kota tujuan atau fasilitas umum lainnya menggunakan Waze. Sebagai pengingat saja, Waze adalah aplikasi peta yang dipoles dengan sentuhan sosial sehingga selain menemukan petunjuk jalan, Anda juga bisa membantu pengguna lain untuk memantau kondisi lalu lintas, kecelakaan, sampai ada tidaknya aparat kepolisian di jalan tertentu.

Untuk menemukan fasilitas umum di Waze tak berbeda jauh dengan di Google Maps. Kita masih akan mengandalkan fitur pencarian yang memang disediakan oleh Waze.

  • Jalankan Waze, dan pastikan posisi Anda sudah terdeteksi oleh aplikasi.

Menemukan ATM di Waze sama mudahnya dengan di Google Maps

  • Misalnya Anda ingin mencari ATM, di form pencarian silahkan ketikkan ATM bank yang Anda inginkan. Jika Anda mengenal lokasi tepatnya akan lebih baik.

  • Tap hasil pencarian.

Waze akan menampilkan beberapa hasil pencarian

  • Waze kemudian akan menampilkan informasi mengenai fasilitas yang Anda tuju, mulai dari ulasan, nomor telepon, situs dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi peta, silahkan tap tombol Go.

Navigasi ke tempat tujuan

  • Ikuti petunjuk visual dan juga audio yang diberikan.

Waze juga memberikan panduan suara

  • Di sepanjang perjalanan, Anda bisa saling berbagi informasi lalu lintas. Misalnya memberi rating kemacetan, kehadiran polisi, kecelakaan jika  ada, foto dan lain-lain. Informasi yang Anda berikan bakal membantu pengendara lainnya yang hendak melewati jalan tersebut.

Fitur sosial untuk berbagi informasi lalu lintas ke pengguna lain

  • Selain ATM, Anda juga bisa menemukan fasilitas publik lainnya. Misalnya tempat makan, mall atau cafe. Caranya sama, gunakan form pencarian dan tap salah satu hasil yang berlokasi di kota tersebut.

Tidak hanya ATM, Waze juga bisa memberikan petunjuk arah fasilitas publik lainnya

Selamat mudik, dan tetap hati-hati selama di perjalanan.

Sumber gambar header Pixabay.