Categories

Tips & Trik

[Ask the Expert] Cara Meneruskan Email Masuk dari Yahoo ke Gmail Atau Sebaliknya

Bambang Winarso - 20 March 2015

Mempunyai akun email di dua sampai tiga layanan berbeda bukan fenomena baru. Tetapi konsekuensinya Anda jadi lebih repot karena harus login ke masing-masing layanan secara bergantian ketika hendak memeriksa pesan baru. Apalagi jika Anda secara aktif menggunakan semua akun tersebut.

Lalu bagaimana cara menyederhanakan pekerjaan sehingga tidak harus login ke semua akun email? Pertanyaan ini didasarkan pada permintaan di kolom Ask the Expert yang dikirimkan oleh salah satu pembaca setia Trenologi. Berikut ini detailnya.

Pertanyaan

Mas, saya punya dua akun email di Yahoo dan Gmail. Repot kalau harus buka satu-satu. Mohon bantuan, bagaimana caranya agar saya dapat menerima dan membaca email Yahoo dari akun Gmail saja. Terima kasih.

Anto

Jawaban

Memenuhi permintaan Anto, di artikel tips ini saya akan berikan panduan langkah demi langkah meneruskan email masuk dari Yahoo ke Gmail atau sebaliknya secara otomatis. Sehingga bila sudah dipraktekkan, nanti Anto dan juga Anda pembaca lainnya hanya perlu mengakses dari salah satunya saja. Yuk, langsung kita mulai!

Info Menarik:Mainkan Lagu Anak Indonesia di Game Buatan Pengembang Lokal Ini

Meneruskan Email Masuk dari Yahoo ke Gmail

  • Untuk meneruskan email masuk dari Yahoo ke Gmail, berarti Anda harus melakukan konfigurasi di akun Yahoo. Silahkan login seperti biasa kemudian klik ikon gear di sebelah kanan Anda dan klik menu Settingsatau pengaturan.

  • Di jendela popup klik menu Account - Edit. Maka akan muncul lagi sebuah jendela popup baru.

  • Di jendela itu, klik opsi Teruskan atau Forward. Kemudian isi dengan alamat Gmail yang akan menjadi tujuan email. Lalu pilih opsi Simpan dan Teruskan, terakhir klik tombol Simpan.

  • Pesan ini akan muncul setelah pengaturan di atas berhasil dilakukan.

  • Langkah berikutnya buka tab baru kemudian login ke akun Gmail yang tadi Anda tambahkan. Temukan email baru dari Yahoo yang meminta Anda untuk melakukan verifikasi, seperti ini.

Setelah proses verifikasi dilakukan, maka setiap ada email masuk ke akun Yahoo Anda akan otomatis diteruskan ke akun email yang berada di Gmail.

Info Menarik:Setelah Bandung, Ini Beberapa Kota Tujuan Telkomsel 4G LTE

Meneruskan Email Masuk dari Gmail ke Yahoo

  • Sekarang kita coba melakukan pengaturan kebalikan dari panduan pertama, yakni meneruskan email masuk dari Gmail ke Yahoo. Login ke akun Gmail Anda, kemudian klik tombol gear - Settings/Pengaturan.

  • Di halaman selanjutnya klik menu Forwarding and POP/IMAP - Add a forwarding address. Saat muncul popup seperti ini, masukkan alamat email Yahoo yang akan jadi target forward.

  • Lanjutkan dengan mengklik tombol Proceed.

  • Pesan ini menandakan proses sudah dilakukan, dan selanjutnya Anda perlu melakukan verifikasi ke alamat email Yahoo yang baru saja ditambahkan.

  • Buka tab baru dan login ke akun Yahoo Anda, temukan email dari Gmail yang isinya seperti ini. Ada kode dan tautan live sebagai opsi verifikasi. Anda boleh menggunakan salah satunya.

Info Menarik:Panduan Lengkap Membeli Aplikasi Android dengan Fasilitas Carrier Billing dari Indosat

  • Jika tautan gagal, silahkan salin kode konfirmasi kemudian masukkan ke dalam halaman pengaturan Gmail.

Demikian saudara Anto jawaban untuk permintaan Anda. Jika Anda atau sobat Trenogoers lain masih mempunyai pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau gunakan formAsk the Expert.

Sumber gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter