28 January 2015

by Bambang Winarso

Cara Mengaktifkan Notifikasi dan Update Status Via SMS di Facebook

Tahukah Anda bahwa Facebook juga menyediakan fitur integrasi ke ponsel standar melalui pesan singkat dimana Anda dapat memperoleh notifikasi pesan, tag dan reply ataupun membuat status menggunakan SMS? Fitur ini sudah lama ada, tapi banyak yang belum tahu cara mengaktifkannya.

Sekarang kita akan coba membahas tutorial tersebut, yakni cara mengaktifkan notifikasi dan fitur-fitur lain seperti update status, menjawab komentar dan lain sebagainya melalui pesan singkat.

  • Masuk ke akun Facebook Anda terlebih dahulu kemudian klik menu Settings.

  • Di panel Settings Anda klik menu Mobile (jarum orange) dan klik menu Add a phone (jarum hijau) sampai kemudian muncul jendela popup.

 

Info Menarik:Saksikan Robot Shimi dan Shimon Mengiringi Musisi Bermain Lagu Jazz

 

  • Di jendela popup ini sesuaikan opsi dengan operator yang Anda gunakan di ponsel. Lalu klik add your phone number here.

  • Masih di jendela popup tadi, masukkan nomor ponsel Anda lalu klik tombol Continue.

  • Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi Facebook, ketikkan kemudian klik Submit.

  • Setelah itu Anda akan menerima pesan singkat yang berisikan enam digit angka yang harus Anda masukkan ke dalam kotak yang disediakan. Setelah Anda masukkan kode enam digit tersebut klik tombol Confirm.

 

Info Menarik:Siaga Banjir Luncurkan Layanan Desktop untuk Memudahkan Pantauan Informasi Banjir di Jakarta

 

  • Apabila berhasil Anda akan melihat tampilan seperti ini di jendela popup tadi, berikan tanda centang pada opsi notifikasi jika Anda ingin menerima pemberitahuan pesan inbox, komentar dan lain-lain. Setelah itu tutup dengan mengklik tombol Save settings.

  • Selesai? belum. Setelah popup di atas ditutup Anda masih akan dihadapkan pada satu jendela popup pertama tadi. Klik tombol Next dan saat melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, kirimkan pesan singkat berisikan pesan F ke 32665 dan apabila ada balasan berupa kode, masukkan kode tersebut ke kotak yang disediakan. Terakhir klik tombol Next dan selesai. Jika dimintai kembali kata sandi, berikan dan simpan.

  • Hasil akhirnya seperti ini. Untuk menghapus nomor ponsel, klik saja Remove dan masukkan kata sandi lalu simpan.

Cukup rumit ya? Tak mengapa, setelah proses panjang ini Anda lalui yang Anda peroleh nanti adalah kemudahan dan kesenangan. Silahkan dicoba!

Sumber gambar header Shutterstock.

Perkaya pengetahuan dan trik soal Facebook di artikel-artikel ini: