Salah satu fitur unik yang dimiliki semua perangkat smartphone terbaru Xiaomi dengan MIUI 8 adalah Second Space atau yang dapat dikonotasikan sebagai profil kedua tempat di mana Anda bisa memiliki ruang penggunaan yang berbeda.

  • Langkah pertama, buka menu Settings kemudian temukan Second Space dan tap. Berikutnya, tap tombol turn of second space dan Go to second space.

Screenshot_2017-08-20-13-15-51-412_com.android.settings

  • Proses peralihan ke second space memakan waktu sekitar 30-40 detik. Dan jika second space sudah dimasuki, geser layar dari atas ke bawah untuk melihat notifikasi. Di daftar notifikasi, tap Set up Second space untuk mengatur kata sandi dan mengelola data yang ada di space pertama.

Screenshot_2017-08-20-13-16-49-569_com.miui.home

  • Pengaturan yang pertama adalah mengaktifkan kata sandi, silahkan pilih apakah berupa pola, pin atau password. Setelah kata sandi selesai, Anda diberi opsi untuk meng-import data dari space pertama ke space kedua. Tapi ini hanya pilihan, Anda tentu boleh melewatkan proses tersebut dan langsung ke second space.

Screenshot_2017-08-20-13-17-17-103_com.miui.securitycore

  • Selesai, second space sudah berhasil dibuat dan diamankan. Jika Anda perhatikan, menu dan juga aplikasinya berbeda dengan space pertama. Kemudian ada tiga shortcut tambahan di layar home, yaitu Move, Manage dan Switch.

Screenshot_2017-08-20-13-18-13-776_com.miui.home

  • Jika ingin kembali ke space awal, Anda bisa men-tap dari notification bar atau dengan men-tap menu Switch di layar home.

Screenshot_2017-08-20-13-17-47-833_com.miui.home

  • Sebaliknya, jika ingin menghapus space kedua. Kembali ke menu Settings – Second Space dan tap ikon tong sampah di sisi kanan atas. Terakhir, berikan konfirmasi perintah penghapusan second space kemudian selesai.

Screenshot_2017-08-20-13-25-56-983_com.miui.securitycore

Pembaca yang budiman, itulah tips mengaktifkan fitur Second Space di Xiaomi Redmi 4A. Tapi sebelum berpisah, saya akan berikan beberapa manfaat Second Space untuk Anda.

  • Second Space bisa menjadi area private yang aman dari siapapun, karena hanya Anda seorang yang bisa membukanya.
  • Bisa menjadi tempat yang private, karena data-data di dalamnya tidak bisa diakses dari space pertama, begitu juga sebaliknya.
  • Sebagai alternatif, Second Space juga bisa dimanfaatkan untuk orang lain yang meminjam perangkat Anda. Anda tinggal melakukan proses pengaktifan seperti di atas, kemudian switch ke second space saat seseorang meminjam smartphone Anda.
  • Akun Gmail di Second Space juga berbeda, sehingga data aplikasi dan aktivitas di salah satunya tidak akan saling mempengaruhi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.