1. DScovery

Cara Mengatasi Bootloop pada Android

Bootloop biasanya terjadi ketika ada masalah dengan sistem Android

Bootloop memang hal yang menyebalkan, apalagi saat kamu sedang sibuk bermain HP. Loop booting membuat perangkat tetap berputar di layar boot.

Perangkat yang berbeda juga menangani bootloop HP secara berbeda. Perangkat Android biasanya datanya akan terhapus setelah masalah bootloop selesai. Perhatikan bahwa acara bootloop mungkin tidak terjadi secara tiba-tiba. Pasti ada alasan yang menyebabkannya.

Bootloop biasanya terjadi ketika ada masalah dengan sistem Android. Berikut adalah langkah-langkah termudah untuk memperbaiki masalah jika ponsel kamu bootlooping.

Restart HP

Sekarang setelah kamu tahu apa yang menyebabkan ponsel kamu bootloop, ada baiknya kamu mencari cara untuk memperbaikinya juga. Langkah pertama yang dapat kamu ambil untuk memerangi bootloop adalah soft reset sederhana.

Matikan ponsel Android-mu dan keluarkan baterainya. Jika baterai tidak dapat dilepas pada model HP tertentu, biarkan perangkat dalam keadaan mati setidaknya selama 5 menit.

Nyalakan ulang perangkatmu dan lihat apakah masalah bootloop telah teratasi. Dalam beberapa kasus, soft reset sederhana mungkin diperlukan untuk menghapus kesalahan dari proses boot.

Wipe Cache Partition

Cara mengatasi HP bootloop selanjutnya adalah dengan wipe data atau melakukan factory reset. Dengan reset data pabrik ini, kamu dapat menghapus semua data di ponsel kamu, dari aplikasi, foto, video, musik hingga file dan file lain.

Metode ini juga dikenal sebagai mengembalikan pengaturan asli atau pengaturan pabrik. Untuk melakukan penghapusan data atau reset pabrik, kamu harus terlebih dahulu masuk ke menu pemulihan dan menghapus cache. Reset pabrik akan mengembalikan ponsel kamu ke keadaan semula saat kamu pertama kali membelinya.

Cara untuk masuk ke Recovery Mode di tiap HP berbeda, berikut adalah cara masuk ke Recovery Mode di sebagian merk HP:

  • Samsung: Home + tombol power atau Home + Volume Up + Power
  • Huawei: Tombol power + Volume up
  • LG: Home + Volume Up + Power
  • Asus: Power + Volume Up hingga muncul logo, lepas tombol Power sambil terus menekan Volume Up.
  • HTC: Power + Volume Down + Power

Sebagai referensi, recovery mode adalah salah satu opsi solusi di menu opsi yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki kerusakan perangkat lunak di Android kamu. Namun, tidak semua smartphone Android memiliki menu ini, jadi kamu bisa menggunakan salah satu buatan pihak lain, seperti pemulihan ClockwordMod atau xRecovery.

Fungsi dari recovery mode sendiri untuk HP Android-mu, antara lain:

  • Jika HP Android tidak bisa melakukan restart atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja mengunduh aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe HP-mu (dalam banyak kasus, biasanya kerap terjadi setelah mengunduh font changer).
  • Dalam kasus HP Android dapat dihidupkan, tapi tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon yang tersedia.
  • Bila kamu lupa PIN, password atau kamu terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan kamu tidak dapat masuk ke menu.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Factory Reset

Prosedur ini tidak diragukan lagi berhasil, tetapi sangat mengecewakan kehilangan berbagai file seperti foto di ponsel kamu. Reset pabrik sepenuhnya menghapus data kamu dan mengembalikan pengaturan pabrik asli. Ini karena pengaturan dipulihkan.

Caranya adalah matikan perangkat kamu dan boot ke mode pemulihan. Langkah-langkah yang tepat untuk mem-boot ke mode pemulihan bervariasi menurut produsen ponsel. Dari sana, pilih "wipe data/factory reset" untuk memulai proses. Setelah dihapus, pilih Reboot system now dari menu utama.

Untuk memudahkanmu, berikut contoh cara melakukan factory reset pada HP Android Samsung Galaxy Young:

  1. Sebaiknya daya baterai masih cukup (minimal 70%)
  2. Matikan HP
  3. Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik, selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
  4. Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone

Pada masalah HP Android bootloop, jika factory reset ternyata tidak bisa mengatasi masalah bootloop atau Android tetap tidak bisa masuk ke menu, maka solusi yang biasa dilakukan adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone.

 Flashing ROM

Jika bootloop terjadi setelah melakukan flashing custom ROM baru atau setelah melakukan restore backup, maka langkah ini bisa dicoba. Cara ini akan otomatis membersihkan dalvik-cache yang lama sehingga sistem akan menggantinya dengan yang baru.

Pertama kamu bisa matikan perangkat Android secara total dengan cara melepas baterai lalu diamkan selama 2 hingga 3 menit. Kemudian jika baterainya tertanam dan tidak bisa dilepas, maka tekanlah tombol power selama beberapa menit hingga perangkat tersebut mati total.

Setelah itu, kamu bisa menyalakan kembali perangkat tersebut lalu masuk ke recovery (CWM, TWRP, dan sejenisnya). Cara masuknya pun berbeda-beda untuk setiap perangkat, ada yang dengan menekan tombol volume down atau ada juga yang menekan tombol home, dan lain sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan perangkat yang dimiliki.

Pada proses recovery ini kamu dapat menggunakan tombol volume, tombol home, dan tombol power untuk melakukan navigasi atau pengarahan. Namun kembali lagi, fungsinya akan berbeda-beda di setiap perangkat. Kemudian, setelah masuk ke recovery, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih menu Advanced
  2. Pilih opsi “Wipe dalvik-cache”
  3. Selanjutnya buka menu “Mounts & Storage”
  4. Pilih opsi “Wipe /cache”
  5. Reboot

Itulah beberapa langkah yang dapat diambil saat kamu harus melakukan reboot ponsel android. Semoga cara yang DailySocial.id jelaskan membantu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again