1. Entrepreneur

Cara Mengatur Cuti dan Reward Karyawan dengan Workmate

Langkah mengatur cuti dan reward karyawan perusahaan menggunakan fitur dan layanan dari platform Workmate

Workmate merupakan platform manajemen tenaga kerja yang memberi solusi terkait suplai pekerja dan manajemen tenaga kerja atau karyawan perusahaan. Workmate memfasilitasi perusahaan dengan teknologi dan data sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Platform yang berdiri sejak 2016 memiliki misi membantu bisnis untuk menemukan dan mengelola tenaga kerja yang andal. Workmate mempunyai banyak fitur dan layanan yang memudahkan perusahaan, termasuk dalam mengatur cuti dan reward karyawan.

Berikut penjelasan terkait cara mengatur cuti dan reward karyawan perusahaan menggunakan fitur dan layanan dari platform Workmate.

Langkah Atur Cuti Karyawan di Workmate

Dalam lingkungan kerja, karyawan perusahaan berhak mendapatkan cuti di waktu-waktu tertentu. Pada platform Workmate, jika pekerja tidak bisa hadir pada jadwal tertentu, mereka bisa mengajukan perubahan shift, maksimal 48 jam sebelum shift dimulai.

Dengan layanan pengajuan cuti ini, pihak perusahaan dapat memiliki cukup waktu untuk me-review pengajuan tersebut dan menghindari kekurangan pekerja di hari kerja. Ada pun langkah-langkah pengaturan cuti di platform Workmate adalah sebagai berikut:

  • Untuk mereview pengajuan perubahan, klik di kotak jadwal berwarna kuning.

  • Anda bisa melihat alasan dari pekerja dan pilihan untuk menyetujui atau menolak.

  • Jika anda menolak, pekerja akan mendapatkan notifikasi jika pengajuannya ditolak dan masih harus datang bekerja.
  • Jika anda menyetujuinya, jadwal akan berubah menjadi libur dan anda harus mempublikasikan perubahan ini agar pekerja mendapat notifikasi.

Langkah Atur Reward Pekerja di Workmate

Selain berhak memberikan cuti bagi pekerja, perusahaan juga dapat memberikan reward kepada para pekerjanya. Bentuk reward yang diberikan perusahaan dapat berupa bonus uang, barang, atau pujian sebagai apresiasi.

Dengan adanya reward, motivasi kerja karyawan akan lebih tinggi sehingga produktivitas perusahaan akan lebih meningkat. Ada pun langkah-langkah pengaturan pemberian reward di  platform Workmate adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Supervisor dari Workmate.
  • Clock-in/out pekerja melalui scan QR dalam Worker App yang secara otomatis mengkalkulasikan keterlembatan serta lembur. Supervisor juga dapat validasi kehadiran melalui profil foto pekerja.
  • Setelah supervisor mengonfirmasi laporan absensi, Anda dapat segera menyetujui absensi tersebut. Apabila ada kesalahan, Supervisor dapat langsung memperbaikinya melalui aplikasi.
  • Di akhir setiap shift, Supervisor dapat menilai setiap pekerja berdasarkan kinerja mereka hari itu, sehingga Anda dapat mengidentifikasi pekerja terbaik serta mengoptimalkan tenaga kerja Anda.

Demikian penjelasan terkait cara mengatur cuti dan reward karyawan perusahaan menggunakan fitur dan layanan dari platform Workmate.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again