1. Entrepreneur

Cara Mengelola Bisnis Indekos dengan Aplikasi Mobile

Penjelasan terkait langkah-langkah mengelola bisnis indekos dengan aplikasi manajemen kos KelolaPro.

Berbisnis di bidang properti salah satunya seperti pemilik indekos atau kos menjadi bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Namun, dalam perjalanannya, pelaku usaha sewa properti kos ini sering kali dihadapkan dengan berbagai permasalahan.

Permasalahan yang sering dialami pemilik kos antara lain seperti pengelolaan yang tidak tepat, pembukuan keuangan secara tradisional yang mudah dicurangi, jumlah properti dan kamar yang disewakan terlalu banyak, hingga penghuni yang bermasalah.

Dengan begitu, penggunaan aplikasi mobile manajemen kos sangat direkomendasikan bagi pemilik kos. Salah satu aplikasi yang memberikan layanan manajemen kos adalah KelolaPro. Berikut ini penjelasan terkait langkah-langkah mengelola bisnis kos dengan aplikasi tersebut.

Mengenal Aplikasi Mobile Manajemen Kos KelolaPro

KelolaPro merupakan aplikasi manajemen kos yang menawarkan bantuan bagi pemilik kos untuk mengelola bisnis sewa propertinya. Aplikasi yang berdiri sejak 2020 ini memiliki beragam layanan.

Mulai dari pengelolaan jumlah properti, manajemen kontak penghuni, pencatatan keuangan, evaluasi bisnis dengan laporan lengkap, pengiriman tagihan otomatis, hingga transaksi yang dapat dilakukan secara cashless.

Langkah Mengelola Bisnis Kos dengan Aplikasi KelolaPro

Dalam mengelola bisnis kos, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan pemilik kos, melalui penggunaan aplikasi mobile manajemen kos KelolaPro. Ada pun di antaranya sebagai berikut:

    • Pertama, pemilik kos dapat membuat katalog pemasaran untuk memudahkan calon penghuni kos melakukan pemesanan secara langsung. Melalui aplikasi mobile, calo penghuni dapat memilih dan memesan kamar kos mana yang akan disewa.
    • Kedua, tetapkan aturan kos. Pemilik berhak memberikan aturan terkait hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penghuni selama menyewa kamar kos. Dengan aplikasi mobile, aturan kos yang telah ditetapkan dapat disetujui oleh penghuni kos melalui fitur tandatangan digital.
    • Ketiga, perhatikan kondisi kos, terutama dalam aspek keuangan. Dengan begitu, pemilik kos dapat terhindar dari potensi rugi. Aplikasi mobile memungkinkan pemilik kos untuk memantau dan mengevaluasi keuangannya melalui fitur laporan keuangan dan okupansi secara real-time.
    • Keempat, pastikan penghuni kos membayar tagihan secara rutin dan tepat waktu. Dengan aplikasi mobile, pemilik kos dapat mengirim tagihan otomatis kepada penghuni kos melalui aplikasi WhatsApp.
    • Kelima, jalin komunikasi yang baik dengan penghuni. Aplikasi mobile memungkinkan pemilik kos untuk dapat mencantumkan kontak penghuni kos yang terhubung ke aplikasi WhatsApp.

Keuntungan Aplikasi Mobile untuk Kelola Bisnis Kos

Dengan beragam fitur dan layanan yang ditawarkan aplikasi manajemen kos, pemilik kos dapat merasakan berbagai keuntungan, antara lain sebagai berikut:

    • Cashflow Terjaga

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos untuk memantau dan mengevaluasi keuangannya dengan menampilkan laporan keuangan dan okupansi bisnis. Sebagai informasi, okupansi yang baik adalah di atas 60%. Di bawah itu, berbahaya untuk cashflow bisnis.

    • Terhindar dari Penghuni Bermasalah

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos memberikan aturan yang ditandatangani oleh penghuni sebelum melakukan sewa. Selain itu, aplikasi manajemen kos juga memberikan kemudahan bagi pemilik kos untuk terhubung dengan para penghuninya. Dengan begitu, pemilik kos dapat terhindar dari risiko adanya penghuni kos yang bermasalah.

    • Uang Sewa Selalu Lancar

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos untuk mengirimkan tagihan kos secara otomatis kepada penghuni kos. Dengan begitu, pemilik kos dapat meminimalisir risiko penghuni kos telat bayar sewa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again