Secara default, sebagian besar smartphone Android menyimpan aplikasi dan game yang baru dipasang ke memori internal. Para pengembang juga tak semuanya membolehkan pengguna memindahkan aplikasi ke memori eksternal dengan dalih mengganggu performa perangkat. Bahkan, di sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, hal semacam itu sama sekali tidak diperbolehkan. Jadi, jika memori internal Anda pas-pasan, sebaiknya pikirkan lagi jika ingin upgrade ke OS pendahulu Nougat itu.

Teruntuk Anda pengguna smartphone Asus ZenFone 2 yang belum upgrade ke Marshmallow, ada sebuah pengaturan yang memungkinkan Anda memindahkan lokasi instalasi aplikasi ataupun game baru dari internal ke eksternal.

  • Buka menu Settings – Asus Customized settings

Cara mengganti lokasi instalasi aplikasi default di ASUS Zenfone 2

  • Kemudian tap App installation settings

Cara mengganti lokasi instalasi aplikasi default di ASUS Zenfone 2

  • Pindahkan tanda dari Prefer internal storage ke Prefer external storage. Selesai.

Setelah langkah di atas Anda lakukan, setiap kali Anda memasang aplikasi dan game baru, sistem akan mencoba menyimpan data yang perlukan ke memori eksternal terlebih dahulu. Jika tidak memungkinkan atau aplikasi tidak mengizinkan, baru sistem akan kembali menggunakan memori internal. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar header Thetechrevolutionist.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.