Cara Mengganti Mesin Pencari Default di Peramban Firefox dan Chrome

Peran fitur mesin pencari di peramban semacam Firefox dan Chrome tentu sangatlah penting, dengan adanya mesin pencari kita dapat melakukan pencarian tanpa harus mengakses dahulu situs mesin pencari. Alhasil aktivitas browsing menjadi jauh lebih cepat dan mudah.

Tetapi apa jadinya apabila mesin pencari default yang terpasang di peramban ternyata tak cukup akurat? Yang terjadi justru kesalahan informasi dan waktu Anda pun terbuang sia-sia. Agar hal ini tidak terjadi kepada Anda, ikuti tips ini yang akan mengulas cara mengganti mesin pencari default di peramban Firefox dan Chrome.

Di Firefox

  • Sebelum kita mulai saya beritahukan bahwa versi Firefox yang saya gunakan adalah versi 26.0, tips ini mungkin kurang tepat digunakan untuk versi 20 ke bawah.
  • Kita mulai saja, untuk merubah mesin pencari default di Firefox tidaklah sulit, Anda cukup mengklik ikon mesin pencari kemudian memilih dari menu drop down yang muncul. Tetapi apabila Anda tidak menemukan mesin pencari yang Anda inginkan silahkan lanjut ke langkah berikutnya dengan mengklik menu Manage Search Engines...

 

Info Menarik: Tutorial Membuat Video Kompilasi Menggunakan YouTube Video Editor

 

  • Kemudian klik menu link Get more search engines...

  • Selanjutnya secara instan komputer akan menjalankan sebuah halaman tab baru yang berisi pilihan mesin pencari lain, silahkan Anda pilih mesin pencari yang Anda inginkan. Jika sudah ketemu klik tombol Add to Firefox.

  • Lalu saat muncul jendela popup klik tombol Adddengan sebelumnya memberi tanda centang pada opsi Make this the currenct search engine jika ingin mesin pencari tersebut langsung menjadi default.

  • Dan sim salabim, itu dia sudah berhasil ditambahkan ke daftar mesin pencari dan langsung menjadi default.

 

Info Menarik: Corning Menyiapkan Gorilla Glass Anti-bakteri

 

Di Chrome

  • Di tips ini saya menggunakan Chrome versi 32.0.1 tapi masih bisa diaplikasikan ke versi yang lebih rendah.
  • Pertama-tama klik menu Settings.

  

  • Kemudian temukan sub opsi Searchdan klik Manage search engines...

  • Di jendela ini silahkan arahkan mouse ke mesin pencari yang Anda inginkan, nanti akan muncul tombol berlabel Make Default, nah silahkan klik tombol itu untuk merubah pilihan default.

  • Sekarang mesin pencari default Anda sudah berubah.

Pengetahuan cara mengganti mesin pencari default di peramban baik Firefox maupun Chrome ini merupakan salah satu ilmu yang wajib diketahui terutama jika Anda banyak terlibat dalam aktifitas browsing apakah itu mencari referensi tugas atau mencari informasi terkait produk tertentu.

Tetapi jika Anda mencari informasi gadget, jangan ke mana-mana sebab di Trenologi informasinya sudah paling update. Stay tuned!