Tips & Trik

Cara Menggunakan Google Disavow Tool untuk Memblokir Backlink Spam

Backlink yang terindikasi spam dapat mengakibatkan rank situs atau blog menurun

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu cara mengunduh data backlink di Google Console atau dulunya bernama Google Webmaster Tool. Prosesnya harus urut ya. Anda harus menyelesaikan tahapan di artikel tersebut terlebih dahulu, kemudian melakukan analisis backlink baru masuk ke artikel ini.

Sebelum kita bahas langkah-langkahnya, ada baiknya kita bahas sedikit apa itu backlink. Teman-teman yang baru terjun ke dunia blogging, tentu belum lama mengenal istilah ini.

Backlink sederhanya didefinisikan sebagai tautan dari situs lain ke situs kita. Misalnya, A adalah blog Anda, sedangkan B adalah blog orang lain. Kemudian blog B tersebut memberikan tautan di salah satu artikelnya, yang bila diklik akan mengarah ke blog A milik Anda. Nah, itulah yang dinamakan dengan backlink. Ilustrasi lengkapnya seperti di gambar ini.

Sederhananya memang seperti itu. Sehingga dahulu banyak pemilik situs yang mencari backlink sebanyak mungkin tanpa mengindahkan kriteria atau kualitasnya. Tetapi seiring perkembangan algoritma Google, kriteria backlink menjadi semakin ketat. Aktivitas penanaman backlink yang masif dan tidak normal berpotensi mendapatkan penalti, sandbox atau yang paling buruk terkena deindex.

Nah, di sinilah letak kegunaan dari fitur Disavow Links yang ditawarkan oleh Google Console. Ia membantu Anda menghapus atau lebih tepatnya mengeluarkan link spam sebagai kumpulan backlink yang mengarah ke blog. Dengan begitu, dampak buruk yang ditimbulkan bisa ditekan.

Saya asumsikan Anda sudah mengunduh daftar backlink sesuai tips sebelumnya, serta sudah menyelesaikan proses analisis.

Persiapan Disavow Links

  • Pertama, buatlah daftar link spam di dokumen txt dengan format sebagai berikut:

# Contacted owner on 7/1/2012# ask for link removal but got no responsedomain:shadyseo.comhttp://www.urlwebspam.com/web-spam.htmlhttp://www.urlwebspam.com/web-spam.htmldaftar situs spam seterus

Catatan:

  1. teks yang diawali dengan tanda tagar akan diacuhkan, jadi pastikan bukan link spam yang ingin Anda buang.
  2. Jika Anda ingin menghapus semua backlink dari domain tertentu, gunakan kode perintah domain:shadyseo.com (tanpa www).
  3. Sedangkan untuk single backlink, cantumkan url lengkapnya tanpa kode apapun. Satu baris untuk satu tautan.
  • Setelah semua selesai, simpan dengan nama sesuka Anda.

Langkah Disavow Links

  • Klik tautan inisilahkan login ke akun Google Console Anda jika diminta.
  • Pilih property yang ingin digunakan, lalu klik Disavow Links atau Menolak Tautan.

  • Ke halaman berikutnya, klik tombol yang sama; Disavow Linksatau Menyangkal Tautan.

  • Klik tombol Pilih file, temukan file txt yang berisikan backlink-backlink spam yang sudah dibuat di langkah persiapan tadi. Lalu terakhir klik tombol Kirim.

  • Selesai, permintaan Anda sudah diproses tinggal menunggu dampaknya beberapa hari atau minggu kemudian. Mengapa lama? Memang seperti itu cara kerjanya. Setiap perubahan membutuhkan proses, dan hasilnya bisa baik tapi juga bisa sama saja. Atau malah lebih buruk karena salah menganalisa backlink. Alih-alih membuang backlink yang buruk, malah membuang yang berkualitas baik.

Itu dia cara menggunakan fitur Disavow Links yang ada di Google Console. Semoga bermanfaat dan blog-nya bisa kembali pulih.

Sumber gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter