[Ask the Expert] Bagaimana Cara Menggunakan Google Map Secara Offline?

Fitur offline memungkinkan pengguna mengakses peta tanpa jaringan internet

Fitur offline di Google Maps sudah direalisasikan sejak tahun lalu. Tak dipungkiri kehadiran fitur ini memberikan banyak kemudahan bagi pengguna setianya. Salah satu keuntungannya adalah menghemat penggunaan data dan juga baterai. Fitur offline juga relatif lebih cepat karena tidak membutuhkan transfer data saat melacak suatu lokasi atau mengestimasikan jarak. Tapi jika Anda masih bingung cara menggunakan Google Maps secara offline, pertanyaan dari Miki ini bisa mewakili persoalan serupa.

Pertanyaan

DS, mohon bantuan dong bagaimana caranya supaya bisa menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet? Smartphone saya Xiaomi Redmi 2. Thanks

Miki

Jawaban

  • Jalankan aplikasi Google Maps di smartphone Anda, kemudian tap tombol menu - Offline Areas.

Mengakses fitur Offline area di Google Maps

  • Berikutnya Anda boleh memilih opsi Local atau tombol plus di kanan bawah layar. Pastikan Anda mempunyai jaringan mobile yang stabil dan berikan konfirmasi dengan men-tap Download Now saat mendapati peringatan seperti gambar di bawah ini.

Mengunduh offline area sebaiknya menggunakan WiFi

  • Tandai area yang hendak Anda kunjungi, luasnya bisa Anda atur sendiri. Tapi semakin luas area maka semakin besar pula ukuran berkas yang harus Anda unduh. Tapi jika kuota jadi soal, langsung saja tap tombol Download.

  • Setelah berkas berhasil diunduh, Anda dapat mengakses peta dan memilih rute tercepat di area bersangkutan tanpa terhubung ke jaringan internet.
  • Anda juga dapat mengunduh peta suatu tempat secara spesifik, misalnya hotel A, SPBU, ATM atau cafe. Caranya ketik nama tempat di form pencarian dan tap hasil pencarian yang ditampilan. Tap nama lokasi di bagian bawah layar dan tap tombol menu - Download offline area.

Semoga bisa menjawab pertanyaan Miki dan pembaca yang mempunyai permasalahan serupa.

Sumber gambar header Google.