1. Entrepreneur

Fitur, Sejarah dan Cara Menggunakan Pinterest

Dari sekian banyak platform sosial media, Pinterest menjadi salah satu yang perlu Anda coba. Walaupun tidak sepopuler Instagram, akan tetapi platform yang berfokus pada media gambar dan foto ini cukup menarik diakses. Cara menggunakan Pinterest juga sangat gampang termasuk untuk pemula sekalipun.

Sebagai platform yang cukup eksis, Pinterest menawarkan berbagai kelebihan bagi setiap penggunanya. Salah satunya ialah sebagai sumber inspirasi dan media berbagi. Di samping itu, platform ini juga bagus dijadikan sebagai promosi artikel, blog dan konten lainnya.

Apa Itu Pinterest?

Pinterest menjadi salah satu platform sosial media yang sayang dilewatkan begitu saja. Platform ini merupakan sejenis virtual pinboard yang sangat memungkinkan penggunanya dalam melakukan unggahan gambar maupun foto tertentu ke dalam berbagai macam kategori tersedia.

Platform sosial media yang didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp ini sudah diluncurkan sejak tahun 2009 dan terus dinikmati oleh begitu banyak pengguna. Fitur-fitur yang dimiliki oleh platform ini relatif lengkap dan sangat bagus dijadikan sebagai media berbagi yang seru.

Sejarah Pinterest

Pinterest pertama kali didirikan oleh tiga sekawan bernama Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Pengembangan platform sosial media ini dicetuskan pertama kali pada tahun 2009. Kemudian setahun setelahnya barulah memasuki fase beta tertutup.

Pada tahun 2011 Pinterest mengalami perkembangan yang begitu pesat. Hal tersebut bahkan dimuat dalam Majalah Time terbitan 10 Agustus 2011 yang mencantumkan Pinterest sebagai satu dari 50 situs web paling baik pada tahun tersebut.

Di tahun yang sama Pinterest berhasil masuk ke dalam jajaran 10 layanan sosial media terbesar dunia versi Hitwise. Bahkan total jumlah kunjungan pengguna pada tahun tersebut mencapai 11 juta per minggunya. Jumlah yang cukup fantastis untuk platform baru pada masa itu.

Tidak heran jika Pinterest berhasil memperoleh penghargaan sebagai Startup baru terbaik di tahun 2011. Kemudian setahun setelahnya, comScore berhasil memberikan data bahwa situs ini mampu menembus kunjungan pengguna mencapai 10 juta.

Di tahun 2019 diam-diam secara mengejutkan platform yang bergerak dalam industri internet ini mengajukan IPO saham. Nilai totalnya mencapai 12 miliar USSD. Saham tersebut kemudian dijabarkan ke masyarakat luas pada 18 April 2019 dengan hara 19 USSD per satuannya dan ditutup dengan 24,40 USSD.

Aplikasi yang bermarkas besar di San Fransisco, California, Amerika Serikat ini terus melakukan pengembangan produknya hingga saat ini. Hal tersebut yang berhasil membuat Pinterest menyandang gelar sebagai platform visual terbaik sekarang.

Apa Saja Fitur-Fitur Pinterest?

Sebagai salah satu platform media visual yang bagus, Pinterest memiliki sejumlah fitur mutakhir. Pastinya akan memuaskan setiap penggunanya. Beberapa fitur Pinterest yang bisa Anda andalkan di antaranya seperti berikut.

  • Lens

Fitur visual search Pinterest ini memungkinkan Anda untuk menemukan produk maupun gambar tertentu berdasarkan hasil foto kamera. Fitur ini sangat membantu pengguna khususnya yang ingin melakukan pembelian suatu produk hanya dengan bermodalkan visual saja. Menarik sekali, bukan?

  • Pinterest Browser Button

Browser extensions ini bisa dengan mudahnya dimanfaatkan guna melakukan penyimpanan pins yang disukai. Bagusnya lagi, fitur ini juga sangat mendukung penggunaan visual search dalam mempermudah penemuan konten terkait di platform ini.

  • Group Boards

Jika Anda tengah mengerjakan suatu proyek tertentu bersama rekan dan keluarga, maka cobalah manfaatkan fitur ini. Group boards memudahkan Anda bersama tim dalam berinteraksi demi kelancaran proyek tersebut.

  • Kemudahan Organisasi serta Pengaturan Ulang Board

Platform sosial media mutakhir ini juga sangat memberikan kebebasan pada penggunanya dalam melakukan pengaturan board sesuka hati. Bahkan setidaknya terdapat tiga macam boards yang bisa Anda pilih sendiri yaitu A to Z, last saved to serta drag and drop.

  • Fitur Search serta Filter Mumpuni

Fitur search dan filter yang dimiliki Pinterest senantiasa memudahkan pengguna dalam rangka menemukan konten yang dimau. Pengguna juga bisa langsung melakukan penyortiran terhadap hasil pencarian berdasarkan pin, bord dan nama pengguna sekalipun.

Mengapa Harus Memakai Pinterest?

Tentunya platform yang dibuka untuk umum sejak tahun 2011 ini terus mengalami perkembangan sehingga senantiasa mampu memberikan keuntungan bagi setiap penggunanya. Beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan Pinterest di antaranya seperti berikut.

  • Memberikan Inspirasi Berlimpah

Bagi Anda yang ingin menemukan gambar atau foto inspirasi, maka Pinterest adalah platform terbaik yang bisa dikunjungi. Mulai dari desain produk, DIY sampai hal-hal berbau editing semuanya bisa ditemukan di Pinterest.

  • Media Promosi Visual Terbaik

Pinterest menjadi suatu media promosi visual terbaik yang mampu menarik perhatian banyak penonton. Di samping itu, platform ini juga mempunyai engagement yang cukup berlimpah sehingga produk, jasa maupun layanan Anda akan berkesempatan menjadi viral serta mendapatkan banyak perhatian.

  • Menaikkan Traffic

Pinterest sangat bagus dalam rangka menaikkan traffic website Anda. Tahukah Anda bahwa  satu pin Pinterest bisa 100 kali lebih gampang disebarkan ketimbang Tweet. Menariknya lagi, mayoritas pin juga rata-rata dapat menghasilkan sebanyak dua kunjungan website serta total enam page views.

  • Meningkatkan Conversion Rates

Fitur Pinterest sangat memungkinkan Anda untuk bisa meningkatkan conversion rates. Tentunya hal ini tidak terlepas dari fitur promoted pins dan videos yang akan memudahkan Anda untuk terhubung dengan audiens sesuai goals bisnis.

  • Up to Date Tren Terbaru

Pinterest merupakan saluran yang paling banyak dipakai pengguna dalam membagikan tren produk atau layanan, desain hingga konten terkini lainnya. Dalam suatu bisnis tentunya fitur ini akan sangat membantu dalam mengedepankan tren terkini.

Bagaimana Cara Menggunakan Pinterest?

Setelah mengetahui beragam keuntungan dalam menggunakan Pinterest, tentu Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk menggunakannya. Cara menggunakan platform ini relatif mudah. Berikut merupakan tata cara penggunaannya dimulai dari proses pendaftarannya terlebih dahulu.

Cara Mendaftar Pinterest

Jangan sia-siakan bakat fotografi Anda begitu saja. Anda bisa menyalurkan hobi tersebut melalui platform Pinterest agar semakin eksis dan dikenal banyak orang. Mulailah dengan mendaftarkan diri ke platform ini untuk bisa memahami bagaimana cara menggunakan Pinterest dengan baik.

  • Kunjungi situs Pinterest terlebih dahulu melakui alamat pinterest.com.
  • Langsung klik opsi Daftar dan nantinya Anda akan disuguhkan oleh tampilan pendaftaran akun Pinterest.

  • Anda bisa mendaftar menggunakan tiga macam pilihan seperti Facebook, Google atau E-Mail lainnya. Sebaiknya, Anda mendaftar Pinterest dengan akun Google agar lebih gampang.
  • Berikutnya Anda akan diarahkan untuk mengisi umur saat ini. Nantinya umur akan sangat mempengaruhi indeks platform ini. Jika sudah, jangan lupa klik Lanjutkan.

  • Nantinya Anda akan disuguhkan oleh tampilan lanjutkan dan langsung saja klik Berikutnya.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan berupa pertanyaan yang harus diisi.
  • Lanjutkan dengan memilih lima jenis kategori yang diminati. Jika sudah, maka klik tombol Selesai.

  • Akun Pinterest Anda sudah jadi.

Cara Membuat Papan Pinterest

Setelah berhasil membuat akun Pinterest, sebaiknya Anda bisa lanjut membuat papan. Guna menambahkan papan, maka sebaiknya Anda masuk ke bagian profil dengan cara mengetuk foto profil maupun nama akun.

  • Kemudian klik saja ikon + dan lanjutkan dengan memilih opsi Buat Papan.

  • Selanjutnya beri nama, deskripsi, dan kategori. Lalu klik Create.

Cara Menyimpan Pin ke Papan

Pinterest memungkinkan Anda untuk menyimpan pin ke papan. Anda hanya perlu memanfaatkan kolom pencarian yang tersedia.

Kemudian isi dengan nama tempat, orang, film maupun merk tertentu. Isi papan tersebut juga dengan gambar yang relevan.

Cara Memperbanyak Followers Pinterest

Menambahkan jumlah followers di Pinterest tidaklah sulit. Hanya saja Anda harus konsisten mengoleksi pin serta membuat papan yang bervariasi. Hal ini nantinya akan mampu meningkatkan jumlah followers Anda.

Platform Pinterest juga menawarkan dua jenis followers yaitu followers profil dan papan. Followers profil merupakan followers mutlak yang mengikuti seluruh papan buatan Anda tanpa pengecualian. Sementara itu, followers papan hanya akan mengikuti satu papan tertentu saja.

Cara menggunakan Pinterest memang sangat mudah dilakukan. Bahkan platform ini terbukti sangat ramah terhadap pengguna pemula. Hal ini tentunya akan membuat setiap penggunanya tidak merasa kerepotan dan kesulitan. Siapapun bisa saling berbagi momen visual dengan platform terbaik ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again