Tidak seperti zaman dahulu, komunikasi yang ada pada jaman sekarang memang sepertinya tidak lagi terbatas. Dulu, untuk melakukan komunikasi jarak jauh, kita masih harus memakai telepon dengan kabel yang biasa ditaruh di sebuah ruangan pada rumah kita.

Lalu muncul perangkat telepon nirkabel dengan teknologi GSM, AMPS, dan CDMA. Dengan menggunakan teknologi telepon genggam, panggilan telepon bisa dilakukan di mana saja asalkan terpapar sinyal dari menara BTS.

Setelah itu, muncul lah internet yang menjanjikan koneksi dengan lebih baik. Panggilan suara pun bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi seperti Microsoft Netmeeting yang kemudian muncul banyak aplikasi yang mampu melakukan panggilan seperti Skype, Yahoo Messenger, Google Talk, dan lain sebagainya.

Belakangan, Google mengeluarkan Hangout yang merupakan platform chatting yang mampu melakukan panggilan video dan suara. Uniknya, Google Hangout mampu melakukan panggilan lebih dari satu orang. Hal ini pun kembali diikuti oleh LINE dan terakhir, Whatsapp.

Berbicara mengenai Whatsapp, aplikasi tukar pesan yang satu ini memang sudah lama memiliki fungsi panggilan suara dan video. Saat ini, ternyata Whatsapp sudah memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan suara dan video yang melibatkan tidak hanya dua orang saja, tetapi juga empat orang.

Feature Whatsapp conference ini memang masih tergolong beta, namun sudah dapat digunakan dengan sangat baik. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan fungsi yang satu ini, karena memang masih ada dalam tahap beta.

Mendapatkan akses

Sama seperti feature Whatsapp lainnya yang ada dalam tahap pengujian beta, pengguna yang ingin mendapatkan call conference harus mendapatkan aksesnya saat diundang oleh pengguna lainnya yang sudah memiliki akses. Artinya, saat ingin mendapatkan fungsi call conference, Anda harus ditelepon via Whatsapp dari teman yang sudah mendapatkan akses tersebut.

Tidak selesai sampai disitu, pengguna juga diharuskan untuk memakai Whatsapp versi beta. Untuk hal ini, apk dapat diunduh pada website http://www.whatsapp.com/android. Fitur ini sudah bisa dinikmati semenjak versi 2.18.162. Sayangnya, ada beberapa versi beta setelah 2.18.162 yang tidak bisa digunakan untuk melakukan trigger fungsi conference.

Melakukan conference

Untuk melakukan panggilan suara maupun video secara bersamaan, yang pertama kali dilakukan adalah menelepon salah satu rekan Anda. Sebelumnya, ada baiknya untuk melakukan janjian terlebih dahulu. Yang perlu diingat adalah Whatsapp hanya mampu melakukan video dan voice conference dengan maksimal empat peserta.

Whatsapp-Conference

Setelah tersambung, pada sisi kanan atas akan terdapat sebuah ikon untuk menambah orang dalam grup pembicaraan. Saat sebuah grup berisikan tiga sampai empat orang terbentuk, seharusnya dengan menggunakan aplikasi beta, semua peserta akan mendapatkan kemampuan untuk memulai melakukan panggilan bersama.

Untuk panggilan suara, prosedurnya tentu sama saja.

Sayangnya, sampai saat ini feature conference belum tersedia pada platform iOS. Akan tetapi, pengguna iPhone masih bisa dipanggil oleh para pengguna Whatsapp yang menggunakan Android. Semoga saja, Whatsapp bisa dengan cepat membuat fitur ini menjadi fasilitas resmi di Whatsapp versi stabil.

Nyaman?

Saat sudah mendapatkan fasilitas panggilan secara grup ini, pengguna bisa semaunya menambah seorang atau dua orang teman. Hanya dengan dua kali klik saja, hal tersebut bisa terwujud. Whatsapp mendesain feature ini dengan sangat minimalis sehingga mempermudah orang, yang awam sekali pun, untuk melakukan panggilan grup.

Saat melakukan panggilan video dengan tiga orang lainnya, layar akan terbagi menjadi empat bagian dengan dimensi yang sama. Hal ini tentu saja membuat lebih nyaman untuk dilihat. Suara juga terdengar cukup baik saat ketiga orang lainnya sedang berbicara (dengan catatan koneksi internet cukup baik).

Dengan begitu, Whatsapp voice dan video conference dapat digunakan dengan nyaman.

Baca juga 50 tips menggunakan WhatsApp yang kami rangkum untuk Anda.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.