Categories

Tips & Trik

Cara Menghapus Cache di Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Bambang Winarso - 31 October 2014

Cache pada dasarnya membantu percepatan proses transfer data baik di peramban maupun aplikasi, tapi di sisi lain juga membebani kuota memori. Itu sebabnya sebagian orang memilih untuk menghapus cache di rentang waktu tertentu. Termasuk di Android.

Menghapus cache tidak selalu harus menggunakan aplikasi. Sistem operasi Android sudah menyiapkan tool bawaan yang dapat dipergunakan untuk melakukan tugas itu. Nah, di tutorial inilah kita akan bahas cara menghapus cache di Android menggunakan metode tersebut, yakni tanpa memasang aplikasi apapun.

  • Langsung saja, buka menu dan tap Settings atau Pengaturan.

Cara menghapus Cache di Android

 

 

Info Menarik: Motorola Kini Resmi Jadi Bagian Dari Lenovo

 

 

  • Sampai di menu Settings, sekarang tap menu Storage atau Penyimpanan.

Cara menghapus Cache di Android

  • Di menu Storage temukan menu Cache, letaknya di bawah Available dan Apps.

Cara menghapus Cache di Android

 

Info Menarik: Notebook Convertible Dell Inspiron 11 Seri 3000 Resmi Mendarat di Indonesia

 

 

  • Jangan heran bila ada dua cache, itu untuk dua memori. Satu untuk internal dan lainnya untuk external. Pilih saja salah satu kemudian tap tombol OK, nanti setelah dihapus maka cache yang satunya juga akan terhapus dengan otomatis.

Cara menghapus Cache di Android

Itu dia cara menghapus cache di Android tanpa aplikasi atau tool lainnya. Anda dapat menghemat memori, ketimbang memasang aplikasi dan hanya difungsikan untuk tugas yang sama.

Sumber gambar header Droidtipstricks.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter