Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android

Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android Menggunakan Opera Max

Opera Max dapat menghemat penggunaan data internet dengan secara otomatis memblokir aplikasi
Aplikasi Opera Max untuk Android
Aplikasi Opera Max untuk Android

Smartphone, tak hanya Android tapi juga iOS, BlackBerry dan Windows relatif membutuhkan ketersediaan jaringan data (internet) sepanjang waktu untuk bisa bekerja dengan optimal. Kebutuhan ini “memaksa” pemilik untuk mengalokasikan dana lebih guna menyediakan kuota setiap bulannya, atau berlangganan layanan internet di rumah dan terhubung menggunakan fitur WiFi.

Ada beragam cara yang bisa ditempuh untuk menghemat kuota data internet, beberapa di antaranya adalah dengan mematikan sambungan di saat-saat tertentu, mengurangi aktivitas berselancar atau memangkas waktu berinteraksi di media sosial atau streaming video. Tapi cara-cara itu membuat interaksi Anda di dunia maya terbatasi. Ada satu lagi cara lain yang lebih jitu, yang uniknya bila diterapkan tidak akan mengurangi keseruan beraktivitas di internet. Yakni dengan menggunakan aplikasi Opera Max. Di tutorial ini, saya akan berikan panduan menggunakan fitur-fitur di aplikasi buatan Opera tersebut.

  • Install dahulu aplikasi Opera Max dari Google Play Store kemudian jalankan.
  • Saat dijalankan pertama tap tombol Agree & Continue kemudian tap menu Connect untuk terhubung ke layanan Opera Max Cloud.
Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android
Opera Max dapat memblokir aplikasi yang menggunakan kuota internet di latar belakang
  • Berikutnya Opera Max akan menampilkan notifikasi bahwa koneksi telah berhasil dibuat. Tap Ok untuk menutup jendela tersebut.
  • Sekarang tap tombol menu di sudut kiri atas dan tap App Management.
Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android
Mengatur Opera Max Cloud dan penggunaan kuota internet oleh aplikasi
  • Barulah di panel ini Anda dapat membatasi penggunaan data oleh aplikasi yang ada di smartphone. Ada tiga jenis jendela panel yang bisa diatur ulang, yaitu Background, Mobile dan WiFi.
  • Tap menu yang pertama, Background. Pengaturan ini digunakan untuk memblokir penggunaan data oleh aplikasi ketika berjalan di latar belakang. Tetapi perlu dicatat, jangan semua aplikasi dibatasi. Hanya pilih aplikasi yang tidak terlalu penting. Pasalnya, jika WhatsApp anda batasi, maka ia tidak akan menampilkan notifikasi jika ada pesan baru sampai aplikasi Anda buka secara manual.
  • Lanjutkan ke menu Mobile Accesss. Pengaturan ini diaktifkan untuk memblokir penggunaan kuota khusus paket data seluler Anda. Dan terakhir atur juga aplikasi daftar hitam untuk jaringan WiFi.
Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android
Membatasi penggunaan data di latar belakang, data mobile dan WiFi
  • Selesai, sekarang Anda bisa merasa lebih tenang untuk berselancar di internet. Karena Opera Max akan bekerja terus menerus memantau dan membatasi aplikasi yang kerap menggunakan data internet tanpa sepengetahuan Anda.
  • Untuk melihat berapa yang Anda hemat, silahkan ke tombol menu dan tap Mobile Usage atau WiFi Usage.
Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android
Memeriksa statistik penggunaan data

Sumber gambar header Opera.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…