Digital Marketing

Pengertian dan Cara Menghitung CTR dalam Affiliate Marketing

Cara menghitung CTR dalam beriklan untuk keperluan afiliasi.

CTR adalah salah satu istilah dalam affiliate marketing yang merupakan singkatan dari Click Through Rate. Cara menghitung CTR sebenarnya sangat mudah. Tapi, sebelum Anda mulai menghitung CTR, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian CTR, tujuan Anda menghitung CTR, dan apa yang direpresentasikan oleh hasil perhitungan CTR tersebut.

Pengertian dari CTR

Istilah CTR juga merupakan istilah yang sering digunakan dalam periklanan. Secara umum, CTR atau Click Through Rate adalah istilah yang menunjukkan persentase klik pada iklan yang tayang dalam jumlah tertentu.

Sederhananya, CTR adalah rasio yang menunjukkan seberapa banyak iklan tersebut dilihat sampai akhirnya seseorang mengklik iklan tersebut.

Dalam affiliate marketing, istilah CTR bisa diartikan sebagai persentase klik pada affiliate link yang Anda bagikan sebagai affiliate marketer. Karena menunjukkan persentase jumlah klik pada affiliatelink, maka CTR juga berkaitan dengan impressions calon pelanggan terhadap promosi atau iklan yang Anda bagikan.

Tujuan Menghitung CTR

Menghitung CTR tentu bukan tanpa tujuan. CTR merepresentasikan seberapa sukses sebuah iklan. Semakin tinggi nilai CTR itu artinya semakin banyak pula orang yang tertarik dengan sebuah iklan hingga akhirnya mengklik iklan tersebut.

Sebagai affiliate marketer, semakin tinggi nilai CTR maka performa Anda juga semakin bagus. Hal itu menunjukkan bahwa Anda dapat membuat promosi yang menarik dan tidak sembarangan dalam menyebarkan link.

Jadi, menghitung CTR dapat Anda lakukan jika ingin mengetahui seberapa sukses sebuah iklan, campaign, atau promosi bekerja.

Cara Menghitung CTR

Seperti definisinya, dalam menghitung CTR Anda menggunakan angka jumlah klik dan juga angka jumlah tayangan. Berikut ini adalah rumus dalam menghitung CTR:

 

 

Clicks merujuk pada jumlah klik, sedangkan impressions merupakan jumlah tayangan iklan tersebut.

Sebagai contoh, apabila dalam 200 tayangan iklan Anda berhasil memperoleh 5 klik, maka cara menghitungnya adalah 5 dibagi 200 dan dikalikan seratus persen yang hasilnya 2.5%.

Contoh lainnya yaitu jika Anda mendapatkan 4 klik dalam 1000 tayangan iklan, Anda bisa menghitungnya dengan membagi 4 dengan 1000 lalu dikalikan seratus persen yang menghasilkan 0.4%

 

CTR = 41000 x 100% = 0.4%

 

Cara Meningkatkan Nilai CTR

Semakin tinggi nilai CTR, maka semakin bagus pula sebuah iklan bekerja. Rendahnya nilai CTR bukan berarti Anda tidak pandai dalam membuat iklan atau promosi. Anda selalu bisa memperbaiki iklan agar menjadi lebih baik lagi.

Nilai CTR yang rendah adalah hasil dari sedikitnya jumlah klik pada iklan atau affiliate link Anda. Hal ini tentu berkaitan dengan ketertarikan calon pelanggan pada iklan Anda. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbaiki headline iklan agar lebih sesuai dengan minat audience Anda atau mengubah call to action yang lebih ‘mengajak’ dan mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan action yang Anda butuhkan.

Itu dia informasi mengenai CTR termasuk cara menghitung CTR untuk mengukur kesuksesan sebuah iklan atau promosi dalam affiliate marketing atau periklanan secara umum. Selalu ingat bahwa semakin tinggi angka CTR maka semakin bagus pula sebuah iklan bekerja. Tapi, jika angka CTR rendah, selalu ada cara untuk memperbaikinya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter