MSME Tutorial

Menghitung Harga Pokok Produksi sebagai Tolak Ukur Penjualan

Cara lengkap menghitung harga pokok produksi untuk menentukan harga pokok penjualan (HPP).

Harga pokok produksi adalah salah satu elemen penting yang perlu dihitung untuk nantinya dijadikan tolak ukur harga penjualan. Cara menghitung harga pokok produksi sendiri terdiri dari beberapa langkah. Langkah-langkah menghitung harga pokok produksi akan dipaparkan lebih jelas pada artikel ini.

Pengertian dan Manfaat Harga Pokok Produksi

Harga pokok produksi adalah seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang hingga dapat dijual dalam suatu periode tertentu. Menghitung nilai harga pokok produksi dikatakan penting karena akan digunakan untuk menentukan harga jual barang agar perusahaan dapat memperoleh laba.

Selain sebagai tolak ukur harga jual, terdapat manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dengan menghitung nilai harga pokok produksi. Di antaranya adalah sebagai alat kontrol biaya produksi, untuk memantau realisasi biaya produksi, sebagai bahan perhitungan harga pokok penjualan (HPP) , sebagai bahan perhitungan laba dan rugi, dan membantu menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang disajikan di dalam neraca.

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Seperti yang telah disampaikan di atas, menghitung harga pokok produksi terdiri dari beberapa langkah, antara lain menghitung bahan baku yang digunakan, lalu menghitung total biaya produksi. Setelah mendapatkan harga pokok produksi, Anda bisa melanjutkan ke perhitungan harga pokok penjualan (HPP), untuk menentukan harga jual barang.

Menghitung Bahan Baku yang Digunakan

Langkah pertama untuk memperoleh nilai harga pokok produksi adalah menghitung total bahan baku yang digunakan selama satu periode. Langkah ini sangat penting, terlebih lagi jika bisnis Anda adalah bisnis manufaktur, dimana bisnis Anda membuat produk dari bahan baku, bahan mentah, atau bahan setengah jadi.

Tak hanya itu, nilai dari perhitungan ini juga akan berguna untuk menghitung nilai total biaya produk yang ada di langkah selanjutnya.

Berikut adalah rumus menghitung bahan baku yang digunakan dalam produksi:

 

 

Menghitung Total Biaya Produksi

Langkah berikutnya adalah menghitung total biaya produksi. Anda bisa menghitung total biaya produksi dengan menambahkan nilai bahan baku yang digunakan dengan nilai biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead produksi. Jika dirumuskan, maka menjadi seperti berikut ini:

 

 

Menghitung Harga Pokok Produksi

Setelah mendapatkan nilai total biaya produksi, berikut ini adalah cara untuk menghitung harga pokok produksi:

 

 

Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Apabila Anda telah mendapatkan nilai harga pokok produksi, berikutnya Anda bisa menghitung nilai harga pokok penjualan (HPP) dengan cara berikut ini:

 

 

Nah, itu dia cara menghitung harga pokok produksi untuk membantu menentukan tolak ukur harga jual barang. Untuk mempermudah proses perhitungan, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi akuntansi atau software akuntansi. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter