1. DScovery

Cara Menghitung Rata-Rata Excel, Mudah dan Cepat

Menghitung dalam microsoft excel sejatinya sangat mudah saat kamu sudah mengetahui beragam rumusnya salah satunya dalam menghitung rata-rata

Rata-rata dapat dihitung dengan lebih mudah menggunakan rumus rata-rata Excel. Hal ini biasa terjadi dalam matematika.

Excel adalah program pemrosesan numerik yang diterbitkan oleh Microsoft dalam bentuk lembar kerja elektronik. Program aplikasi ini digunakan oleh pekerja kantoran dan instansi pemerintah lainnya yang membutuhkan perhitungan dan laporan yang terkomputerisasi.

Sebagai program pengolah angka, Excel memiliki banyak fungsi. Untuk mendukung visualisasi data, penyortiran data yang lengkap, dan perhitungan data numerik yang cepat dan akurat, termasuk perhitungan rata-rata.

Menghitung rata-rata di Excel sebenarnya tidak terlalu sulit dan rumit. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini untuk memahami caranya.

Cara Menghitung Rumus Rata-Rata

Rumus rata-rata adalah rumus yang membagi nilai total kelompok data dengan jumlah data. Rumus rata-rata Excel memiliki sintaks atau metode untuk menulis fungsi Excel sebagai berikut:

=AVERAGE(angka1, [angka2],...)

  • AVERAGE adalah nama fungsi Excel untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan angka.
  • Angka 1, angka pertama yang Anda inginkan, dan referensi atau rentang sel untuk menghitung nilai rata-rata.
  • Angka 2 adalah opsional dan mungkin atau mungkin tidak dimasukkan. Angka ini adalah angka atau rentang tambahan lain yang akan dirata-ratakan.
  • ... adalah data berikutnya opsional. Kamu dapat memasukkan hingga 255 sel data di bagian ini.

Adapun contoh penggunaan rumus hitung rata-rata di dalam Excel sebagai berikut :

  • Seumpama kamu akan menghitung jumlah rata-rata dari angka 20, 30, 20, 10, 30, 10. Maka cara untuk menghitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:
  • Masukkan angka tersebut pada kolom yang akan dihitung, misalnya sesuai gambar di atas terletak di kolom D
  • Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus =average(D5:D14) kemudian tekan enter.
  • Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =average, tandai seluruh data dari kolom C baris 2 sampai baris 11 kemudian beri tanda tutup kurung dan tekan enter.

More Coverage:

Itulah langkah mudah menghitung rata-rata melalui excel. Semoga informasi ii bermanfaat dan bisa dipahami olehmu!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again