27 October 2018

by Lukman Azis

[Panduan Pemula] Cara Mengirim Foto dan Video dari Kamera Mirrorless Panasonic ke Smartphone

Transfer image dari kamera mirrorless Lumix ke smartphone ini sebenarnya simpel bagi yang tahu caranya

Bicara soal kamera mirrorless besutan Panasonic dengan sensor micro four thirds (MFT), tentunya Anda pasti memuji kemampuan perekam videonya.

Di mana rata-rata kamera mirrorless basic Lumix sudah mampu merekam video 4K, bahkan beberapa diantaranya sudah dibekali fitur 5-axis image stabilization. Fitur-fitur yang diberikan Panasonic juga cenderung lebih lengkap.

Buat Anda para pengguna kamera mirrorless Panasonic, tentunya sudah mengetahui bahwa Panasonic memiliki aplikasi bernama Panasonic Image App. Dengan aplikasi ini kita bisa mengirim hasil foto dan video dengan mudah ke smartphone.

Bagaimana cara menggunakannya? Buat yang belum tahu caranya bisa lanjut membaca, saya akan berikan tutorialnya. Di sini saya menggunakan Panasonic Lumix GH5, mari mulai:

  • Langkah pertama, install dulu aplikasi Panasonic Image App di smartphoneAndroid atau iOS Anda.
  • Sekarang nyalakan kamera Panasonic Anda, pergi ke pengaturan, dan cari menu WiFi.
  • Setelah ketemu, pilih WiFi Function > New Connection > Send Images Stored in The Camera > Smartphone > Via Network > Direct > Manual Connection
  • Ribet banget? Panasonic juga menyediakan cara yang lebih mudah, Anda bisa mengaksesnya di tombol Fn di layar dan klik Fn7 untuk mengaktifkan WiFi langsung ke perintah Manual Connection.
  • Kamera akan membuka jaringan WiFi, sekarang ambil smartphone, buka pengaturan WiFi di smartphone, dan hubungkan ke jaringan yang disediakan oleh kamera.
  • Langkah kamu terhubung ke kamera tinggal satu langkah lagi, yakni buka aplikasi Panasonic Image App. 
  • Setelah sukses, tinggal pilih foto dan video Anda yang ingin di transfer dari kamera ke smartphone.

Itulah cara mengirim foto dan video dari kamera mirrorless Panasonic Lumix ke smartphone Android atau iOS dengan bantuan aplikasi Panasonic Image App.

Selain untuk transfer image, Anda juga bisa menggunakan smartphone sebagai remote control untuk melakukan zoom, menyetel fokus, memotret dari jarak jauh, dan banyak lagi.

Application Information Will Show Up Here