23 September 2014

by Bambang Winarso

Cara Mengubah Permalink di Wordpress

Permalink adalah susunan link atau URL yang merupakan jalur online ke lokasi sebuah konten atau posting. Struktur permalink menjadi semacam identitas atau rujukan untuk mesin pencari atau hiperlink di situs lain.

Struktur permalink yang baik menentukan seberapa optimal pengenalan mesin pencari terhadap konten, jadi mengubah struktur permalink adalah keharusan bagi blogger.

Di panduan ini TRL akan berikan step by step cara mengubah permalink di Wordpress khusus bagi blogger pemula yang baru saja memiliki blog atau yang baru saja melakukan migrasi dari platform Blogger ke Wordpress.

  • Langkah pertama masuk ke dashboard blog Anda, kemudian arahkan mouse ke menu Settings - Permalinks.

  • Ini dia opsi yang tersedia, ada 5 pilihan struktur yang dapat Anda pilih. Berdasarkan pengalaman dan rekomendasi berbagai ahli SEO, opsi Post name adalah yang paling baik atau SEO optimized. Mengapa? Sebab dengan struktur ini judul konten akan langsung menjadi permalink sehingga mesin pencari lebih mudah mengidentifikasi isi dari konten tersebut. Alasan yang kedua Anda dapat melakukan modifikasi permalink post, kita akan bahas apa yang dimaksud modifikasi permalink post.

 

 

Info Menarik: 3 Aplikasi Android Minimarket atau Supermarket di Indonesia

 

 

Mengubah Permalink Single Post di Wordpress

Seperti yang saya janjikan, kita akan membahas cara mengubah permalink single post di Wordpress. Jadi setelah kita merubah struktur permalink default kita sekarang dapat merubah permalink di single post atau di salah satu artikel blog. Tujuannya untuk mengoptimalkan sisi SEO konten.

  • Pertama arahkan mouse ke Posts dan klik Add new.

 

  • Isi form Judul seperti biasa, sertakan pula kata kunci yang ingin Anda tembak. Di bagian bawah judul terdapat line Permalink, perhatikan gambar di bawah ini. Ini susunan permalink yang belum dimodif, berikutnya klik tombol Edit yang terletak di sebelah tombol View Post.

  • Hapus semua isi form permalink dan ganti dengan kata kunci yang Anda tembak kemudian klik OK.

  • Nah, seperti ini hasilnya. Coba perhatikan perbedaan permalink di langkah pertama di atas dan permalink di gambar ini. Setelah mengubah permalink, sekarang Anda dapat merampungkan artikel dan melengkapinya dengan isi artikel, gambar, tag, kategori dan lain-lain.

Tujuan mengubah permalink adalah untuk mempermudah bot mesin pencari untuk menemukan konten yang relevan atas kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk kemudian diurutkan di halaman hasil pencarian.

Makin mudah dan makin mendekati kata kunci maka posisi blog tersebut akan makin diprioritaskan oleh mesin pencari. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba!

Sumber gambar header Permalink via Shutterstock.