Categories

Tips & Trik

Cara Mengubah Semua Link Eksternal Menjadi NoFollow Secara Otomatis di WordPress

Nofollow merupakan kebalikan dari dofollow, dua atribut yang dipergunakan di sebuah tautan

Bambang Winarso - 15 June 2016

"Nofollow" merupakan atribut tautan dalam sebuah halaman yang dipergunakan untuk memberi informasi kepada mesin pencari agar tidak mengikutinya. Ada juga istilah "dofollow" yang merupakan kebalikan dari nofollow, yang berarti ia memberikan informasi kepada mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut.

Dalam dunia SEO, pemberian atribut ini penting untuk diperhatikan. Google sendiri memberikan beberapa alasan mengapa atribut nofollow diterapkan untuk tautan keluar atau eksternal link. Penjelasan lengkapnya bisa Anda baca di tautan ini.

Bagi pemilik blog, menambahkan atribut nofollow gampang-gampang susah. Untuk platfromblogger dibantu dengan adanya opsi penambahan atribut nofollow ketika menyematkan tautan. Sedangkan di WordPressself hosted, Anda harus menguasai pengetahuan coding yang cukup rumit, kecuali Anda hanya ingin menambahkan atribut nofollow ke link-link tertentu saja, maka Anda cukup menambahkan atribut secara manual ketika menyematkan link di dalam artikel baru.

Tetapi jika Anda ingin cara yang lebih mudah, jawabannya adalah dengan menggunakan plugin. Di artikel ini saya akan tunjukkan langkah-langkahnya.

  • Silahkan login ke dashboard blog WordPress self hosted Anda, kemudian arahkan kursor ke plugin dan klik Tambah Plugin. Manfaatkan form pencarian dengan menggunakan kata kunci "nofollow".

Ada banyak plugin yang dapat membantu mengubah link eksternal jadi nofollow

  • Dari sekian banyak hasil pencarian, saya memilih WP External Links (nofollow new tab seo). Alasannya, plugin ini lebih mudah digunakan dan punya fitur yang komplet. Jika sudah yakin, klik tombol Install Sekarang dan aktifkan segera setelah berhasil dipasang.

Pilihan plugin ini saya anggap paling mudah

  • Setelah aktif, Anda akan dapat menjumpai menu khusus di dashboard. Silahkan diklik dan beginilah interface utama plugin. Di menu tab External Links, beri tanda centang pada opsi Apply these settings. Kemudian ubah posisi pengaturan Set follow or nofollow ke nofollow. Jika sudah klik Simpan perubahan.

Ubah pengaturan atribut menjadi nofollow

  • Seperti disinggung di atas, plugin ini punya pengaturan unik yang memungkinkan Anda menyaring atau mengecualikan tautan agar tidak terkena pengaturan nofollow barusan. Caranya klik menu Exception kemudian masukkan alamat situs atau domain yang Anda anggap terpercaya ke kolom exclude external links by URL:.

Plugin ini juga dapat membuat daftar putih agar atributnya tidak diubah menjadi nofollow

  • Apabila pengaturan sudah selesai dilakukan, coba cek kembali. Caranya buka halaman terdepan atau tautan postingan yang terdapat link eksternal. Kemudian klik kanan mouse Anda dan klik view source code. Kurang lebih seperti ini hasilnya.

cara cek atribut link eksternal menggunakan browser

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber ilustrasi gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter