3 March 2018

by Bambang Winarso

Cara Mengubah Smartphone Xiaomi Jadi Remote TV dan AC

Aplikasi Mi Remote bisa dijumpai di hampir semua model smartphone Xiaomi dengan MIUI 9

Boleh ragu, tapi pada faktanya Anda bisa mengubah smartphone Android menjadi remote TV, AC, smart box atau peralatan lain yang dikendalikan dengan remote control. Di tutorial ini, saya khusus akan menggunakan smartphone bermerk Xiaomi yang memang secara default dilengkapi aplikasi Mi Remote.

  • Jadi, pertama kali sudah barang tentu menjalankan aplikasi Mi Remote di smartphone Xiaomi Anda, kemudian tap tombol Add Remote.

 

  • Berikutnya akan muncul daftar perangkat yang bisa dikendalikan dengan smartphone, jika TV pilih menu TV, jika AC pilih menu AC.

  • Sebagai percobaan, saya memilih TV, kemudian memilih merk TV atau smart TV yang Anda pakai.

  • Sebagai langkah awal, aplikasi perlu melakukan penyesuaian untuk melihat reaksi perangkat. Caranya, sentuh tombol power yang tampil di layar. Jika TV Anda mati, berarti remote berfungsi dengan baik.

  • Tap tombol Yes jika perangkat memberikan respon, No jika tak ada reaksi.

  • Seperti tampilan panel kendali untuk perangkat TV saya. Tiap-tiap perangkat punya panel yang berbeda, tergantung kerumitannya.

Cara yang sama bisa Anda terapkan untuk mengendalikan pendingin ruangan, kamera, kipas angin, set top box, atau peralatan elektronik lain yang mendukung kendali jarak jauh.

Bagi Anda yang tidak menggunakan perangkat Xiaomi, jangan berkecil hati. Karena di Play Store, ada banyak sekali aplikasi serupa yang bisa Anda pergunakan. Berikut adalah beberapa opsinya:

Header: Dailysocial