[Ask the Expert] Cara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Samsung Galaxy S5

Salah satu pembaca setia TRL beberapa saat yang lalu mengirimkan pertanyaan yang isinya meminta panduan untuk mengubah tampilan smartphone-nya sehingga menjadi seperti tampilan Samsung Galaxy S5. Tetapi dengan syarat tidak perlu di-root. Berikut ini detailnya.

Pertanyaan

Min, perkenalkan nama saya Nata. Mohon panduan bagaimana cara mengubah tampilan ponsel pintar Android saya supaya menjadi terlihat seperti tampilan Samsung Galaxy S5. Tetapi jangan pakai root ya, karena ponsel saya masih baru. Terima kasih

Nata

Jawaban

Terima kasih Nata atas kiriman pertanyaanya. Saya yakin ada banyak pengguna smartphone Android yang mempunyai pertanyaan serupa dengan Anda.

Info Menarik:Bersiaplah, Xiaomi Redmi 2 dan Mi Pad Segera Mendarat di Indonesia

Untuk mendapatkan tampilan Samsung Galaxy S5 tanpa root di ponsel pintar standar atau merk lain, kita harus menggunakan peluncur biasa disebut launcher. Tidak ada cara lain. Jadi, untuk menjawab pertanyaan Nata saya akan memakai launcher yang dirancang khusus untuk mengubah tampilan ponsel agar serupa dengan Galaxy S5.

  • Jalankan aplikasi Play Store di perangkat Anda, kemudian ketikkan galaxy S5 launcher di kolom pencarian. Hasilnya akan muncul S Launcher dan beberapa aplikasi lain. Tap S Launcher, jangan yang lain.

  • Install aplikasi kemudian buka jika sudah terpasang. Boleh langsung dari Play Store atau melalui menu.

  • Saat Anda menemukan tampilan seperti ini, tap saja tombol OK sampai Anda dihantarkan lagi ke halaman home.

Info Menarik:Xiaomi Perluas Lini Produknya ke Ranah Rumahan

  • Di halaman Home, tap tombol menu. Biasanya tombol paling kiri atau kanan di sebelah tombol Home, tergantung tipe perangkat Anda. Kemudian akan muncul menu seperti ini, ada Wallpaper, Widgets dan S Settings. Wallpaper kegunaannya untuk mengganti tampilan latar, widget untuk menambahkan widget tentunya dan settings untuk mengatur semua hal tentang launcher.

  • Di panel Settings ada sejumlah tool yang dapat Anda temukan, antara lain Desktop, Drawer, Dock, Sidebar, Folder dan lain-lain. Dari panel inilah Anda dapat melakukan penyesuaian tampilan perangkat. Silahkan dieksplore dan dicoba-coba.

  • Untuk tampilan menunya kurang lebih seperti ini, ada tombol opsi yang dapat Anda pergunakan untuk mengakses beberapa fitur dan menyortir urutan aplikasi.

  • Ada satu panel tersembunyi yang secara tak sengaja saya temukan. Coba geser layar, tapi dari sisi paling kiri Anda dan arahkan ke kanan. Maka akan muncul panel ini.

Info Menarik:7 Hal Ini Membuat Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge Wajib Anda Miliki

  • Setelah menambahkan beberapa shortcut dan widget, jadilah seperti ini. Lumayan keren kan?

Nata dan pembaca, demikianlah cara mengubah tampilan smartphone standar menjadi seperti Samsung Galaxy S5. Jika perlu pandangan lain, Anda bisa membaca panduan mendapatkan tampilan Xiaomi di artikel ini.

Sumber gambar header Shutterstock.