16 December 2014

by Bambang Winarso

Cara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Xiaomi Tanpa Root

Cara paling ekstrim untuk mengubah tampilan smartphone seperti sistem operasi versi tertentu adalah dengan melakukan root dan pasang custom ROM. Tetapi cara ini beresiko, tak sedikit yang gagal dan akhirnya mati total. Tapi, ada satu cara yang paling mudah untuk mengubah tampilan smartphone Android menjadi seperti Xiaomi misalnya, dan enaknya tanpa perlu root.

Cara mengubah tampilan smartphone android menjadi seperti tampilan antar muka Xiaomi dapat dilakukan dengan memasang launcher. Launcher ini resmi, aman dipasang tanpa harus khawatir kehilangan garansi atau mati total. Ayo kita coba!

  • Jalankan aplikasi Play Store di smartphone atau tablet Anda. Kemudian ketikkan Xiaomi launcher atau miui launcher di form pencarian. Saat Anda hasil pencarian sudah ditemukan, cari aplikasi dalam tulisan Cina seperti yang dilingkari di gambar ini. Klik dan instal.

 

Info Menarik: Games Puzzle Pilihan iOS

 

  • Setelah aplikasi terpasang, jangan keluar dar Play Store. Langsung buka aplikasi dari sana. Jika Anda temukan tampilan seperti ini, tap tombol Continue.

  • Tunggu sampai aplikasi selesai melakukan proses import.

 

Info Menarik: Skype Translator, Fitur Baru Yang Mudahkan Percakapan Dua Orang Berbeda Bahasa

 

  • Seperti tampilan saat launcher Xiaomi berhasil terpasang. Ubah tampilan jam dan tanggal dengan pilihan yang sesuai dengan selera Anda.

  • Tap ikon jarum di sudut kanan atas widget jam, selanjutnya Anda akan dihantarkan pada koleksi jam yang tersedia. Unduh salah satu dan terapkan ke layar home.

  • Swipe layar home ke kiri dan temukan folder menu Toolbox - MIUI settings. Di panel ini Anda dapat melakukan berbagai macam penyesuaian agar perilaku dan tampilan sesuai dengan keinginan Anda.

 

Info Menarik: 5 Aplikasi Keselamatan Android Untuk Perempuan

 

  • Beberapa menu telah disediakan untuk memberikan keleluasaan kepada pengguna dalam menyesuaikan pengaturan launcher bahkan termasuk lock screen.

  • Jangan lupa bila saat menekan tombol home Anda melihat pesan ini, maka pilih MIUI Express dan tap Always.

Seperti itu cara mengubah tampilan smartphone Android menjadi seperti Xiaomi tanpa root tanpa resiko. Dari pantauan Trenologi terdapat dua launcher Xiaomi lainnya yang dapat Anda coba di Google Play Store. Cukup cari seperti di langkah pertama tadi. Untuk jaga-jaga bila launcher ini tak memuaskan Anda, maka Anda bisa mencoba dua launcher tersebut.