10 December 2018

by Bambang Winarso

Cara Mengubah URL Login Admin Blog WordPress

Dengan mengubah URL halaman login, peretas tidak akan bisa menggunakan URL default yang biasa digunakan oleh CMS WordPress

Seperti yang saya janjikan di artikel lalu, bahwa ada satu trik yang bisa digunakan untuk mengubah URL login admin blog berbasis WordPress sebagai upaya untuk mengamankan blog dari peretas.

Untuk mengganti URL login admin blog WordPress, jika Anda sudah mengikuti tutorial sebelumnya di tautan ini, maka Anda tidak butuh tambahan plugin lagi karena kita masih akan memanfaatkan fitur di plugin AIO WP Security.

  • Jadi, cukup login seperti biasa ke blog WordPress self hosted Anda, kemudian arahkan kursor ke WP Security dan klik opsi Brute Force.
  • Selanjutnya klik Rename Login Page, beri tanda centang pada opsi Enable Renama Login Page Features. Keudian di opsi Login Page URL, silahkan isi dengan frase apapun sesuka Anda. Misalnya dengan kata masuk, keren seperti yang saya pakai, atau kata lain yang hanya diketahui oleh Anda. Nantinya, kata yang Anda gunakan bakal dipakai sebagai slug permalink. Contohnya, Anda memilih kata masuk, maka URL login admin Anda akan menjadi www.bloganda.com/masuk, bukan lagi www.bloganda.com/wp-admin ataupun www.bloganda.com/wp-login.php yang selama ini digunakan.

  • Terakhir klik Save Settings untuk menyimpan perubahan. Selanjutnya, Anda harus login menggunakan URL baru yang Anda pilih di atas.

Langkah Pengamanan Tambahan

Selain mengubah URL login admin, Anda juga bisa menerapkan captcha untuk halaman login dan lost password. Captcha biasanya berupa urutan kode acak yang wajib dimasukkan pengguna baik admin ataupun user lain.

  • Masih di menu WP Security - Brute Force, silahkan klik menu Login Captcha, kemudian beri tanda centang di semua opsi yang tersedia. Lalu simpan perubahan.

Selesai, blog Anda kini jauh lebih aman dari serangan peretas yang usil.

Baca juga beberapa tutorial terkait blog WordPress di bawah ini: