Categories

Tips & Trik

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Redmi 4A

Fitur ini disediakan secara default oleh Xiaomi, jadi Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga lagi

Bambang Winarso - 30 August 2017

Anda yang sudah menggunakan Xiaomi Redmi 4A yang berjalan dengan MIUI 8 tentu mengetahui bahwa perangkat ini - dan sebagian besar perangkat Xiaomi - mendapatkan fitur App Lock secara default. Fitur ini dibenamkan di menu dan bisa dipergunakan tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga dari Play Store.

Cara pakainya juga sangat mudah, mari kita coba sama-sama.

  • Buka menu Settings kemudian temukan menu App Lock yang terletak di atas About Phone.

  • Berikutnya beri tanda aplikasi apa saja yang akan dikunci. Baru tap Set Password.

  • Buatlah pola sesuai keinginan Anda sebanyak dua kali. Pola ini wajib Anda ingat, karena nanti akan jadi kunci akses ke aplikasi bersangkutan.

  • Selesai, sekarang aplikasi yang ditandai sudah masuk ke dalam daftar aplikasi terlindungi oleh pola.

  • Setelah prosedur ini dilakukan, maka setiap kali aplikasi bersangkutan dijalankan, akan muncul panel pola terlebih dahulu. Dengan demikian, karena hanya Anda yang mengetahuinya, maka tak ada orang lain bisa mengakses aplikasi.

Mengapa Harus Dikunci?

Pertanyaan ini tentu terlintas dalam benak Anda, kan? Bukan yang pertama dan memang sudah semestinya begitu. Karena normalnya, kita tak ingin repot. Maunya yang cepat dan mudah.

Pada dasarnya, mengunci aplikasi dengan fitur App Lock memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Melindungi privasi Anda. Sudah banyak kasus bocornya informasi pribadi karena seseorang tidak mengamankan berkas pribadi dan akun jejaring sosialnya dengan baik. Mau jadi korban berikutnya? Saya yakin tidak.
  • Melindungi anak dari konten yang tidak ramah bagi mereka.
  • Menjaga performa dan usia pakai perangkat. Karena tidak semua orang bisa memakainya, maka resource perangkat semakin jarang dipakai, baterai jadi awet, siklus pengisian baterai juga jadi lebih lama dan perangkat jadi lebih awet.
  • Menghemat data akibat pemakaian orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, diaplikasikan ke aplikasi peramban, YouTube, Instagram dan aplikasi online lainnya.

Sumber gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter