5 September 2016

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Diedit

Dengan trik ini, Anda dapat mengunci dokumen Word sehingga tidak seorangpun bisa mengeditnya

Dokumen atau kayar penting seperti skripsi atau tesis tentu bernilai sangat tinggi bagi Anda. Dan sudah barang tentu Anda tak ingin siapapun mengubah atau melakukan modifikasi dengan alasan apapun. Untuk itulah, Anda perlu melindungi dokumen dengan trik khusus.

Trik berikut ini dapat mengunci dokumen Word sehingga tidak dapat diedit atau diubah dengan maksud tertentu.

  • Buka dokumen yang hendak dikunci, kemudian klik menu ribbon Review - Restrict Editing (Word 2010). Di Word 2007 kalau tidak salah masih menggunakan menu Protect Files.

  • Di panel sebelah kanan beri tanda centang pada Limit formaring to a selection of styles dan Allow only this type of editing in the document. Lainnya biarkan tetap seperti itu adanya, kemudian klik Yes Enforcing Protection.

  • Selanjutnya Anda akan menemukan jendela dialog baru seperti ini. Di jendela popup ini silahkan set kata sandi perlindungan dokumen. Kata sandi ini akan satu-satunya akses Anda untuk meng-edit dokumen. Tanpanya, tak seorang bisa melakukannya.

  • Sekarang di dokumen bersangkutan sebagian besar menu ribbon akan diposisikan dalam status redup atau tidak berfungsi. Jika seseorang mencoba untuk mengedit dokumen, mereka akan mendapatkan notifikasi larangan sementara dokumen tidak akan merespon perubahan.
  • Untuk membuka kunci, lakukan langkah pertama di atas kemudian klik Stop Protection dan masukkan kata sandi yang tadi sudah diset. Klik OK dan selesai, dokumen kembali dapat diedit.

Selamat mencoba!

Sumber gambar header Pixabay.