1. DScovery

7 Cara Jitu Meningkatkan Motivasi Kerja

Kamu merasa jenuh dengan pekerjaanmu saat ini? Bisa saja karena kurang motivasi. Yuk, simak artikel berikut ini!

Kamu pernah enggak, sih, merasa jenuh dan malas saat melakukan pekerjaan? Mungkin saja kamu sedang merasakan demotivasi.

Demotivasi merupakan kondisi dimana seseorang menjadi kehilangan rasa inginnya untuk melakukan suatu pekerjaan. Demotivasi bisa menurunkan produktivitasmu, lho. Berikut artikel cara meningkatkan motivasi kerja.

Pengertian Motivasi Kerja

Motivasi kerja merupakan keinginan untuk bekerja yang tercipta karena adanya dorongan dari dalam diri seorang pekerja. Motivasi kerja berperan penting terhadap besar kecilnya capaian kerja yang diraihnya. Apabila motivasinya turun, bisa saja kualitas hasil pekerjaannya pun menjadi turun, begitu pun sebaliknya.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan motivasimu untuk bekerja.

1. Apresiasi Diri

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja yaitu dengan melakukan aterhadap dirimu sendiri. Walau bisa dibilang sederhana, namun pengaruhnya cukup besar lho dalam meningkatkan motivasi kerja. Tentu saja kamu menjadi lebih menghargai diri sendiri atas usaha yang telah kamu jalankan ke belakang.

2. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Cara kedua, kamu bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Pada pelaksanaannya dalam bekerja, tidak jarang orang yang toxic akan membuatmu menjadi kehilangan motivasi dalam bekerja, karena kamu merasa tidak nyaman berada di dekatnya. Lingkungan yang nyaman bisa kamu ciptakan dari dirimu sendiri. Energi positif yang kamu ciptakan bisa membuat pekerja lain menjadi lebih semangat dalam bekerja.

3. Istirahat Sejenak

Kalau kamu benar-benar merasa suntuk dan jenuh dalam mengerjakan sesuatu. Kamu bisa mengajukan izin selama beberapa hari untuk beristirahat atau berlibur sejenak. Namun, kamu harus berkomunikasi terlebih dahulu kepada atasanmu.

4. Meningkatkan Komunikasi Antar Anggota

Selanjutnya, kamu bisa meningkatkan komunikasi antar anggota perusahaan. Komunikasi yang baik akan meminimalisir terjadinya miss komunikasi yang bisa menyebabkan terjadinya perselisihan. Dengan berkomunikasi, kamu bisa menjadi lebih memahami antar anggota.

5. Melakukan Pengembangan Diri

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengembangkan dirinya, karena keinginan setiap orang berkembang berbeda-beda pula. Ada yang ingin mengembangkan kemampuan berbahasa asing, mengoperasikan perangkat tertentu, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menentukan potensi dalam dirimu untuk dikembangkan lebih dalam. Nantinya, rasa motivasi dalam bekerja akan lebih terbentuk di banding sebelumnya.

6. Menentukan Cita-cita

Terakhir, kamu bisa menentukan cita-cita yang ingin kamu raih dan gapai. Adanya cita-cita memiliki peran penting dalam membangun motivasi. Tentu saja, dengan mempunyai cita-cita kamu akan lebih bersemangat dalam bekerja. Mengingat, ada hal yang perlu kamu raih.

7. Konsultasi dengan Atasan

More Coverage:

Kalau penyebab kehilangan motivasi adalah faktor internal perusahaan, kamu bisa berdiskusi dan melakukan konsultasi dengan atasanmu. Harapannya, kamu bisa mendapatkan masukan dan solusi yang bisa kamu lakukan dari atasanmu. Jika permasalahannya bisa diselesaikan, pastinya rasa motivasimu dalam bekerja akan kembali meningkat.

Nah, berikut artikel cara meningkatkan motivasi kerja. Kamu bisa melakukan cara-cara di atas untuk meningkatkan motivasimu. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again