Categories

Tips & Trik

Cara Meningkatkan Performa dan Menghemat Baterai Asus ZenFone 2 Series

Auto-start manager adalah fitur bawaan di seri Asus ZenFone 2, bekerja dengan dua manfaat, meningkatkan performa dan menghemat baterai

Bambang Winarso - 8 June 2016

Kendati dibekali RAM dan prosesor yang relatif cepat, seri Asus ZenFone 2 tetap dilengkapi sebuah fitur untuk meningkatkan performa sekaligus menghemat baterai perangkat. Ia adalah fitur Auto-Start Manager yang bila Anda ulik akan ditemukan di sub menu Settings - Power Management.

Fitur Auto start Manager bekerja dengan cara menghentikan proses aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga beban perangkat terbebani. Walhasil, perangkat menjadi lebih ringan dan hemat baterai.

Di artikel ini saya akan berikan petunjuk lengkap cara menggunakan fitur tersebut untuk mencapai performa optimal Asus ZenFone 2 sekaligus menghemat baterai.

Langkah pertama buka menu Settings - Power Management - Auto start Manager.

Fitur auto start manager terdapat di dalam menu settings - power management

  • Di tool Auto-start Manager akan ada dua menu tab, Downloaded dan Preloaded. Downloaded berisikan daftar aplikasi yang Anda instal dari Play Store, sedangkan Preloade berisi aplikasi bawaan sejak smartphone dibeli. Anda dapat menerapkan prosedur ini untuk kedua jenis aplikasi, awali dari Downloaded.
  • Untuk menghentikan proses latar belakang, posisikan aplikasi pada posisi Deny. Tapi konsekuensinya, Anda tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi bersangkutan. Sebaliknya, untuk membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang, ubah possi Deny ke posisi Allow. Terapkan cara yang sama untuk aplikasi-aplikasi Preloaded.

Dua menu tab di fitur auto-start manager, downloaded dan preloaded

  • Khusus menu tab Preloaded, secara default perangkat akan menyembunyikan beberapa aplikasi. Untuk menampilkannya, tap tombol menu (titik tiga) di sebelah kanan atas kemudian beri tanda centang pada opsi Show all apps.Berikutnya lakukan langkah di atas sekali lagi jika ada aplikasi yang ingin dicekal.
  • Terakhir, untuk langsung menerapkan prosedur di atas, tap ikon sapu di bagian kanan atas dan klik tombol Boost.

Menampilkan semua aplikasi dan mengurangi beban RAM

 

Sumber gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter