DScovery

Cara Menjadi CEO dan Skill yang Harus Dimiliki

Berikut berbagai cara dan skill yang harus diketahui sebelum menjadi CEO

Posisi CEO sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat dan banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi CEO, salah satunya kamu yang membuka artikel ini. Namun cara menjadi CEO tidaklah mudah, akan ada banyak skill yang harus kamu kuasai untuk mengisi posisi ini.

CEO atau chief executive officer adalah sebuah posisi tertinggi di sebuah perusahaan. CEO di Indonesia biasanya dijajarkan dengan direktur utama.

Untuk menyentuh posisi chief executive officer, tentunya ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh dan kamu harus bersedia bekerja dua kali lipat bila ingin menjadi CEO di usia muda.

Bagaimana cara menjadi CEO?

Sebelum masuk ke berbagai tips menjadi CEO, kamu harus paham terkait tugas utamanya yaitu, merekrut dan mempertahankan karyawan terbaik, memastikan dana anggaran selalu tersedia di bank, dan yang terakhir menentukan visi, misi, hingga arah perusahaan.

Bagi kamu yang tertarik menjadi CEO, berikut tahapan yang harus kamu lakukan:

1. Membangun perusahaan sendiri

Kamu bisa membangun usaha rintisan dari nol dengan komitmen dan tekad yang bulat. Jika perusahaan yang kamu kembangkan bisa berjalan lancar dengan kepemimpinan kamu maka kamu sudah bisa disebut sebagai CEO.

2. Menempuh pendidikan yang sesuai

Tidak dipungkiri jika kebanyakan chief executive officer memiliki minimal gelar sarjana. Menurut Forbes, setengah CEO Fortune 100 sudah menempuh gelar akuntansi, bisnis, dan ekonomi. Sedangkan, 27% bergelar sarjana sains dan teknik, sisanya 14% menempuh pendidikan hukum.

3. Pertumbuhan karir

Melewati jalur pertumbuhan karir memang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Akan tetapi, dengan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan saat kamu naik jabatan dalam sebuah perusahaan yang sama akan memberikan nilai unggul lebih. Biasanya juga dewan redaksi perusahaan akan lebih memilih kandidat internal untuk menjadi CEO dibandingkan kandidat eksternal. 

4. Memiliki sertifikasi profesional

Cara yang terakhir ini memang opsional. Namun dengan memiliki sertifikasi profesional di bidang tertentu membuat kamu memiliki kualifikasi untuk membantu perusahaan berkembang dan juga bisa menunjang karir yang kamu jalani. Dilansir dari Leverage Edu ada beberapa sertifikat profesional yang dapat membantu kamu menjadi CEO di antaranya: Chartered Financial Analyst (CFA), Certified Management Accountant (CMA), Certified Public Accountant (CPA), dan Project Management Professional (PMP)

Skill yang harus dimiliki oleh CEO

Setelah mengetahui cara menjadi CEO, langkah selanjutnya adalah mengembangkan skill yang memang perlu dimiliki oleh seorang chief executive officer.Skill ini bisa membuat kamu lebih unggul dan bisa memimpin perusahaan dengan baik.

1. Keterampilan manajerial yang baik

Memimpin sebuah perusahaan berarti kamu juga harus menjadi pimpinan dari semua karyawan tersebut, dan untuk menjadi CEO, kamu harus memiliki keterampilan manajerial yang baik agar setiap operasi perusahaan bisa berjalan sesuai dengan visi misi perusahaan dan setiap karyawan memiliki tujuan untuk mencapai goals melalui usaha bersama.

2. Memiliki skill komunikasi yang kuat

Dalam menjalankan perannya, seorang pemimpin akan menyampaikan pesan atau instruksi secara efektif. Pesan efektif yang disampaikan oleh jabatan yang tinggi kepada karyawan bisa meminimalisir kesalahpahaman dan juga memberikan faktor motivasi. Sebab, komunikasi berperan penting dalam tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

3. Kreativitas dan inovasi

Memiliki pemikiran kreatif dan ide-ide baru bisa membuat bisnis berkembang dalam jangka yang panjang karena dengan inovasi bisa membuat perusahaan lebih progresif.

4. Keberanian

Dengan memiliki skill tidak mengenal rasa takut bisa menanamkan kualitas pada karyawan, karena CEO nantinya akan berhadapan dengan  tantangan. Jika tidak memiliki rasa keberanian bagaimana CEO bisa menemukan solusi yang kreatif dan menguntungkan perusahaan.

5. Memiliki pola pikir yang berkembang

Skill ini sebenarnya berhubungan dengan kreativitas dan inovasi, memiliki pola pikir yang berkembang juga menjadi satu solusi untuk menyambut tantangan yang akan dihadapi. Jika CEO memiliki skill ini maka ia bisa membantu karyawannya untuk memiliki pemikiran yang baru dan positif terhadap perusahaan.

Setelah mengetahui cara menjadi CEO dan skill apa yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, kamu bisa memahami apa tujuan diri kamu menjadi CEO karena kenyataannya menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah dan harus memiliki keinginan untuk mempertahankan sebuah perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter